Lompat ke isi

Carly Wray

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Carly Ann Wray adalah seorang penulis naskah dan produser Amerika Serikat. Ia dikenal karena tulisannya di drama AMC Mad Men dan The Leftovers di HBO. Ia memenangkan Penghargaan Writers Guild of America untuk Serial Drama untuk Mad Men pada tahun 2016, dan dinominasikan untuk Emmy untuk Serial Drama Luar Biasa bersama dengan staf produksi Westworld pada tahun 2018.

Carly Wray
LahirCarly Ann Wray
Arlington, Texas
PekerjaanPenulis televisi, produser
Tahun aktif2012–sekarang
Karya terkenalMad Men
The Leftovers
IMDB: nm5616730 Twitter: carlyawray Edit nilai pada Wikidata

Karir profesional

[sunting | sunting sumber]

Seorang lulusan Reed College dan Sekolah Seni Sinematik USC, Wray memulai kariernya di televisi sebagai asisten penulis di Mad Men pada tahun 2012.[1] Dipromosikan menjadi penulis staf setelah satu tahun, Wray ikut menulis naskah pertamanya, "In Care Of",[2] dengan Matthew Weiner, sebelum melanjutkan untuk menulis dua episode tambahan di musim terakhir acara tersebut, "Waterloo" dan "The Milk and Honey Route".[3]

Setelah karyanya di Mad Men, Wray bergabung dengan staf musim pertama Constantine, sebuah produksi David Goyer untuk NBC, berdasarkan komik Hellblazer yang sudah lama tayang. Kritikus film dan televisi lepas Logan Dalton memuji tulisan Wray di akhir pertengahan musim, dengan mengatakan bahwa dia "menghubungkan banyak titik untuk 'Rising Darkness' dan mengakhiri episode dengan nada yang akan membuat penonton ingin menontonnya lagi saat acara itu kembali".[4][5]

Wray kembali ke dunia televisi kabel setelah pembatalan Constantine, menulis episode The Bastard Executioner karya Kurt Sutter untuk FX, dan serial David Fincher Mindhunter, drama Netflix yang berdasarkan karya profiler FBI legendaris John Douglas. Ia kemudian menjadi produser bersama pada musim ketiga dan terakhir The Leftovers[6] dan produser pada musim kedua Westworld di HBO.

Pada tanggal 4 Mei 2017, HBO mengumumkan bahwa Wray adalah salah satu dari empat penulis yang menggarap pilot potensial untuk spin-off Game of Thrones. Selain Wray, Max Borenstein, Jane Goldman, dan Brian Helgeland juga menggarap pilot potensial.[7] Wray bekerja dan berkomunikasi dengan George R. R. Martin, penulis A Song of Ice and Fire, seri novel yang menjadi dasar seri aslinya.[8] Setelah pengumuman tersebut, kritikus Indiewire Ben Travers memuji ide Wray sebagai penulis untuk adaptasi yang sedang berlangsung: "Wray dapat mendorong waralaba ke arah yang baru, karena Game of Thrones telah menjadi klub anak laki-laki selama sebagian besar perjalanannya sejauh ini. Membawa perspektif perempuan adalah ide yang bagus, terutama dengan begitu banyak karakter perempuan untuk dieksplorasi dalam spin-off — dan terutama dengan kandidat seperti Wray yang menyiapkan naskah."[9] Kemudian showrunner Game of Thrones D. B. Weiss dan David Benioff juga akan menjadi produser eksekutif untuk proyek apa pun yang diambil oleh HBO.[8][10]

Pada tahun 2018, Wray menjual naskah film fitur berdasarkan artikel New York Times "The Incarcerated Women Who Fight California's Wildfires" oleh Jaime Lowe, dengan produser Lucky Chap milik Margot Robbie.[11] Dia juga mulai mengerjakan You Know You Want This, serial antologi berdasarkan cerita pendek Kristen Roupenian, untuk HBO.[12]

Wray adalah seorang penulis dan Produser Eksekutif Bersama di Watchmen karya Damon Lindelof.

Seri televisi

[sunting | sunting sumber]
  • Untitled Incarcerated Firefighter Project (2018) - sebagai penulis
  • Barbed Wire Heart (2018) - sebagai penulis

Kehidupan pribadi

[sunting | sunting sumber]

Dia tinggal bersama suaminya, Aaron Fili, di Kota New York, New York.[13]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Meet Mad Men's 5 woman writers". Fortune. Diakses tanggal May 9, 2017. 
  2. ^ Littleton, Cynthia (May 4, 2017). "'Mad Men' Finale: Both Sides Now". Variety. Diakses tanggal May 5, 2017. 
  3. ^ "5 of the 11 writers on "Mad Men" were women". Women in the World in Association with The New York Times - WITW (dalam bahasa Inggris). May 28, 2015. Diakses tanggal May 9, 2017. 
  4. ^ Dalton, Logan (December 24, 2014). "Constantine, Ep. 1.08, "The Saint of Last Resorts" is a dark, atmospheric midseason finale". Popoptiq.com. Diakses tanggal May 5, 2017. 
  5. ^ Schwartz, Terri (May 5, 2017). "Meet the Writers HBO Has Tapped for Game of Thrones Spinoffs". IGN. Diakses tanggal May 5, 2017. 
  6. ^ "Leftovers Season 3 Premiere Date & Final Episode Details Announced" (dalam bahasa Inggris). March 24, 2017. Diakses tanggal May 9, 2017. 
  7. ^ Holloway, Daniel (May 4, 2017). "'Game of Thrones' Spinoffs in the Works at HBO". Variety. Diakses tanggal May 4, 2017. 
  8. ^ a b Goldberg, Lesley (May 4, 2017). "'Game of Thrones': HBO Exploring Four Different Follow-Up Series". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 5, 2017. 
  9. ^ Travers, Ben (May 4, 2017). "Game of Thrones Spinoffs: Four Options, One Winner — It's Obvious | IndieWire". www.indiewire.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal May 9, 2017. 
  10. ^ Blistein, Jon (May 4, 2017). "HBO Preps 'Game of Thrones' Spin-Off Series With George R.R. Martin". Rolling Stone. Diakses tanggal May 6, 2017. 
  11. ^ Fleming, Mike Jr. (2018-06-04). "Margot Robbie's LuckyChap & Automatik To Produce True Tale 'Firefighters'; 'Westworld's Carly Wray To Script". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-07-12. 
  12. ^ Petski, Denise (2018-05-30). "HBO Developing 'You Know You Want This' Anthology Series About Gender, Sex & Power From 'The Leftovers' Duo". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-31. 
  13. ^ Meslow, Scott (May 14, 2017). "Why There'll Never Be Another Mad Men". Fortune. Diakses tanggal May 5, 2017. 

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]