Carlo Rossi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Potret oleh B. S. Mityar, 1820

Carlo di Giovanni Rossi (Karl Ivanovich Rossi; bahasa Rusia: Карл Иванович Росси; 18 November 1775 – 18 April 1849) merupakan seorang arsitek Rusia yang lahir di Italia. Dia adalah penulis banyak bangunan klasik dan ansambel arsitektur di Sankt-Peterburg dan lingkungannya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Carlo Rossi lahir pada tanggal 18 Oktober 1775 di Napoli (ayah tirinya adalah seniman balet terkenal, Charles le Picq) dan dibawa ke Rusia pada masa kecilnya ketika ibundanya Guertroude Rossi-Le Picq, seorang balerina yang terkenal, diundang ke Rusia untuk tampil. Dari pemuda ia terhubung dengan dunia kesenian. Ia dilatih di studio arsitek Vincenzo Brenna. Pada tahun 1795 ia memasuki dinas dewan arsitektur; sebagai asisten Brenna, bersama dengan siapa, dianggap, dia berpartisipasi dalam pembangunan Kastil St. Mikhail di Sankt-Peterburg. Dari tahun 1802 sampai 1803 Rossi belajar di Italia. Pada tahun 1806 ia memperoleh gelar arsitek dan perkantoran. Pada tahun 1808 dia dikirim ke ekspedisi arkeologi Kremlin di Moskwa, di mana dia membangun Gereja Biara Starodevichy dan teater di Arbat Square, yang terbakar habis selama invasi Napoleon ke Rusia. Dia dihargai dengan Ordo St. Vladimir tingkat IV. Pada tahun 1814, ia memperoleh pangkat dari Kanselir Collegiate. Pada tahun 1815, dia kembali ke Sankt-Peterburg. Pada tahun 1816, ia ditunjuk untuk posisi di komite struktur dan pekerjaan hidrolik.

Teater Alexandrine di Sankt-Peterburg.
Lengkungan Gedung Staf Umum di Dvortsovaya Ploshchad, oleh Carlo Rossi.

Bangunan Rossi merupakan ciri khas gaya Imperium, yang menggabungkan keagungan dengan kesederhanaan yang mulia. Ini termasuk: Istana Yelagin dengan rumah kaca dan paviliun (1816-1818), Istana St. Mikhael, Gedung Staf Umum, bangunan Senat dan Sinode (1829-1833), façade Perpustakaan Nasional Rusia yang menghadap Alexandrinskaya Square, paviliun Istana Anichkov, lengkungan Gedung Staf Umum, Teater Alexandrine dan Gedung Dewan Teater dan Kementerian Dalam Negeri. Di Pavlovsk, Rossi membangun perpustakaan istana. Salah satu bangunan terakhir Rossi adalah menara biara Yurevskogo dekat Velikiy Novgorod.

Pada tanggal 18 April 1849, dia meninggal karena Kolera di Sankt-Peterburg, menurut data yang ada - yang dilupakan dan dalam kemiskinan. Anak-anaknya ditinggalkan dengan tanggung jawab pemakaman dan hutangnya, yang mereka petisi dengan bantuan Tsar. Tsar memberikan sejumlah kecil untuk pemakaman dan Rossi dimakamkan di Pemakaman Volkov Lutheran. Selama masa Soviet, dia dimakamkan kembali di Pemakaman St. Lazarus dari Biara Alexander Nevsky di bawah batu nisan yang sama.

Karya[sunting | sunting sumber]

Gelar dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]