Carlo Mauri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mauri di puncak Gasherbrum IV pada bulan Agustus 1958

Carlo Mauri (lahir di Lecco, 25 Maret 1930 – meninggal di Lecco, 31 Mei 1982 pada umur 52 tahun) adalah seorang pendaki gunung Italia.

Banyak ekspedisi luar negeri yang diikutinya. Pada tahun 1956 ia mencapai puncak Monte Sarmiento di Tierra del Fuego dan pada tahun 1958, sebagai anggota ekspedisi Riccardo Cassin di Karakorum, ia dan Walter Bonatti membuat pendakian pertama di Gasherbrum IV.

Pada tahun 1969 dia mendakinya sekali lagi, dan pada tahun 1970 dia adalah seorang anggota ekspedisi Thor Heyerdahl yang melintasi Samudera Atlantik di sebuah kapal yang terbuat dari papirus.

Setelah ekspedisi itu, Mauri mengambil bagian dalam banyak ekspedisi lain termasuk mengikuti rute Marco Polo di kawasan stepa Aia dan menjelajahi Patagonia dan Amazon. Dia juga membuat beberapa film dokumenter perjalanannya, beberapa dari film itu diproduksi untuk badan penyiaran RAI.

Dia adalah anggota dari kelompok pendaki "Gruppo Ragni Grignetta di Lecco".

Setelah kecelakaan di mana ia mengalami patah kaki, Mauri menjadi orang Italia pertama untuk menjalani operasi tulang panjang yang ditangani oleh profesor Gavril Ilizarov yang disebabkan oleh gangguan osteogenesis. Dia meninggal di Lecco pada tahun 1982.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]