Cannaregio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan Kanal Cannaregio dari Kanal Besar Venesia.
Letak Cannaregio di Venesia.

Cannaregio adalah salah satu dari enam sestieri (distrik) di Venesia. Distrik ini merupakan distrik paling utara dan juga terbesar kedua dengan jumlah penduduk sebesar 13.169 jiwa pada tahun 2007.

Pulau kuburan Isola di San Michele diasosiasikan dengan Cannaregio karena letaknya yang tidak jauh dari pesisir utara distrik ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kanal Cananregio (yang pernah menjadi jalur masuk utama ke Kota Venesia sebelum dibangunnya jalur kereta api) merupakan asal nama distrik ini. Canal Regio dalam bahasa Italia berarti "kanal kerajaan". Pembangunan distrik ini dimulai pada abad ke-11 setelah air dikuras dan kanal paralel dikeruk. Walaupun palazzo-palazzo yang anggun dibangun menghadap Kanal Besar Venesia, wilayah Cannaregio merupakan tempat produksi dan perumahan kaum pekerja. Semenjak tahun 1516, orang Yahudi hanya boleh tinggal di Ghetto Venesia yang terletak di distrik ini. Ghetto tersebut dijaga dan tidak ada yang boleh keluar dari matahari terbenam hingga fajar. Namun, banyak orang Yahudi yang sukses dan menjadi pedagang, dokter atau peminjam uang. Pembatasan kehidupan Yahudi sehari-hari berlangsung selama lebih dari 270 tahun hingga Napoleon Bonaparte menaklukan Republik Venesia pada tahun 1797 dan membebaskan orang Yahudi untuk tinggal di manapun.

Pada abad ke-19, dibangun jalan yang disebut Strada Nuova yang melalui Cannaregio. Jembatan kereta api dan jalan juga didirikan untuk menghubungkan Venesia dengan Mestre di daratan Italia. Saat ini, wilayah Cannaregio yang terletak di sepanjang Terusan Besar dipenuhi oleh wisatawan, tetapi wilayah lainnya merupakan perumahan dan relatif tenang.

Tujuan wisata[sunting | sunting sumber]

Gereja[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°26′46″N 12°19′37″E / 45.446°N 12.327°E / 45.446; 12.327