Candi Planggatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Candi Planggatan adalah sebuah candi Hindu yang terletak di Dusun Ambak, Desa Barjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Candi ini tidak berada jauh dari Candi Cetho dan Candi Sukuh serta menunjukkan adanya kesamaan ciri relief.[1]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Candi Planggatan berlokasi sekitar 3 km dari selatan Candi Sukuh. Situs masa klasik ini memiliki susunan bangunan berteras.[2] Bangunan ini sudah runtuh dan saat ini hanya terlihat sebaran batu candi di gundukan yang diduga adalah kaki candi. Batu-batu tersebut berserakan di bidang berukuran 30 m x 30 m. Beberapa batu memiliki relief. Ada yang menggambarkan orang menunggang kuda dan dikawal tiga orang. Satu di antara tiga pengawal itu membawa tombak sedangkan yang lainnya membawa payung. Terdapat pula relief bangunan yang mirip arca pemujaan di Candi Cetho.[1]

Artefak dan inskripsi[sunting | sunting sumber]

Di situs ini ditemukan relief Ganesha, lingga-yoni kecil, dan bokor batu tempat sesaji.[1] Di salah satu relief terdapat sebuah prasasti inskripsi berjenis sengkalan memet yang menggunakan aksara kwadrat pasca-Kediri.[3] Sengkalan itu berbunyi Gajah wiku hanahut wulan (1378 S = 1456 M).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Sedyawati, Edi, 1938-. Candi Indonesia. Latief, Feri,, Indonesia. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, (edisi ke-Cetakan pertama). [Jakarta]. ISBN 978-602-17669-3-4. OCLC 886882212. 
  2. ^ "Situs Planggatan". Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. 10 Maret 2017. Diakses tanggal 10 Maret 2020. 
  3. ^ Titi Surti Nastiti (2017). "PERKEMBANGAN AKSARA KWADRAT DI JAWA TENGAH, JAWA TIMUR, DAN BALI: ANALISIS PALEOGRAFI" (PDF). Forum Arkeologi. 29 (3): 183.