Cacadan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Satu set cacadan atau palang pimpin untuk dua pemimpim tim beranggotakan empat kuda

Cacadan adalah mekanisme untuk mendistribusikan kekuatan secara merata melalui hubungan . Ia juga disebut sebagai ekualizer, palang pimpin atau pohon ganda . Ini terdiri dari sebuah palang yang diputar pada atau dekat bagian tengah, dengan gaya diterapkan dari satu arah ke poros dan dari arah lain ke ujungnya. Beberapa cacadan dapat digunakan secara seri untuk mendistribusikan gaya lebih jauh, seperti untuk mensimulasikan tekanan pada suatu area seperti ketika menerapkan pembebanan untuk menguji sayap pesawat. Cacadan dapat digunakan baik dalam kompresi atau ketegangan . Mereka juga digunakan untuk perhitungan pengurangan dan penjumlahan di komputer mekanis.

Hewan penarik[sunting | sunting sumber]

Sebuah diagram dan gambar dari 5 setel cacadan yang diikatkan pada tiga tim pimpin kuda

Cacadan digunakan dalam ketegangan untuk mendistribusikan gaya dari beban titik ke jejak hewan penarik ( jejak adalah rantai atau tali pengikat di setiap sisi tali pengaman, tempat hewan menariknya). Untuk ini, cacadan terdiri dari batang horizontal longgar antara hewan penarik dan muatannya. Bagian tengah batang dihubungkan ke beban, dan jejak dipasang pada ujungnya. [1][2]

Cacadan digunakan terutama ketika menarik beban yang diseret seperti bajak, garu, kayu gelondongan atau perahu kanal atau untuk menarik kendaraan (oleh pemimpin dalam tim yang terdiri dari lebih dari satu baris hewan).


Cacadan menyeimbangkan tarikan dari setiap sisi hewan, mencegah beban menarik secara bergantian di setiap sisi. Ini juga mencegah beban titik menarik jejak ke sisi hewan.

Contoh lainnya[sunting | sunting sumber]

Cacadan juga digunakan dalam pertanian modern—misalnya, untuk menghubungkan beberapa peralatan pertanian seperti garu, mesin pemotong rumput, atau penggilas ke traktor . Ini menggabungkan beberapa beban kecil menjadi satu beban pada halangan traktor (kebalikan dari penggunaan hewan penarik).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama smith
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama walrond79