Buyeo Pung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Buyeo Pung, dikenal sebagai Fuyo Hōshō (扶余豊璋?) di Jepang, merupakan salah satu putra Raja Uija dari Baekje. Ketika Baekje, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea, jatuh ketangan persekutuan Silla dan Dinasti Tang pada tahun 660, ia berada di negara Wa Jepang untuk memastikan persekutuan antara Jepang dan Baekje. Namun, terdapat banyak perdebatan mengenai hal ini.[1] "Buyeo" adalah nama keluarga pemimpin Baekje.

Buyeo Pung
Hangeul 부여풍
Hanja 扶餘豊
Alih Aksara yang Disempurnakan Buyeo Pung
McCune–Reischauer Puyŏ P'ung

Ia kembali dengan pasukan Jepang dan dalam Yamato jenderal Abe no Hirafu untuk memulihkan kembali negara tersebut. Pasukan pemulihan kembali Jenderal Boksin dari Baekje memberinya gelar Raja Pungjang (풍장왕). Ia menggabungkan kekuatan dengan sisa-sisa Baekje yang dipimpin oleh Jenderal Boksin. Pada tahun 663, namun, pertahanan Baekje dan Jepang kalah di dalam Perang Baekgang dengan pasukan Tang dan Silla, dan Baekje roboh. Pangeran melarikan diri ke negara tetangga, Goguryeo. Ketika Goguryeo roboh, ia ditangkap oleh pasukan Tang dan dibuang kepengasingan ke daerah Cina di bagian selatan. Kehidupannya kemudian tidak diketahui.

Adik lelakinya Zenkō (善光 or 禅広) melayani Jepang dan diberikan nama keluarga Kudara no Konikishi (百濟王; raja Baekje) oleh kaisar Jepang.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Samguk Sagi (dalam Korean). 王子扶餘豊 嘗質於倭國者 立之爲王