Bursa Efek Madrid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bursa efek Madrid)
Bursa Saham Madrid
IndustriJasa keuangan
Didirikan10 September 1831
Kantor
pusat
,
Tokoh
kunci
Antonio J. Zoido (Presiden)
ProdukPasar saham
IndukBolsas y Mercados Españoles (BME)
Situs webSitus web resmi Bursa Saham Madrid

Bursa Saham Madrid (Spanyol: Bolsa de Madrid; pengucapan bahasa Spanyol: [ˈbolsa ðe ˈmaðɾið]) adalah bursa efek terbesar di Spanyol yang perdagangan saham dan obligasi konversi dan efek pendapatan tetap, dan kedua utang pemerintah dan sektor swasta. Bursa Saham Madrid secara resmi didirikan pada tahun 1831, dan sekarang dimiliki oleh Bolsas y Mercados Españoles.

Indeks[sunting | sunting sumber]

Indeks Umum Bursa Saham Madrid (IGBM) adalah indeks utama bursa dan merupakan sektor konstruksi, jasa keuangan, komunikasi, konsumen, modal/barang setengah jadi, energi, dan jasa pasar. Indeks IBEX 35 merupakan indeks tertimbang kapitalisasi yang terdiri dari 35 saham paling likuid Spanyol diperdagangkan di pasar terus menerus, dan merupakan patokan Bursa Saham Madrid. Bursa Saham Madrid juga menawarkan Indeks FTSE-Latibex, pasar Eropa untuk saham Amerika Latin. Indeks Pasar Baru Ibex, untuk perusahaan berkembang, yang ditawarkan dari 2000 sampai 2007.

Operasi[sunting | sunting sumber]

Masa perdagangan di Bursa Saham Madrid adalah 09:00 hingga 17:30 setiap hari kecuali Sabtu, Minggu, dan hari libur yang ditetapkan pengelola bursa sebelumnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]