Burbot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Burbot
Lota lota

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN135675
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
OrdoGadiformes
FamiliGadidae
GenusLota
SpesiesLota lota
Linnaeus, 1758
Distribusi

Burbot (Lota lota) adalah spesies ikan air dingin bersirip pari yang berasal dari daerah subarktik di belahan bumi utara. Ia adalah satu-satunya anggota genus Lota, dan merupakan satu-satunya spesies air tawar dari ordo Gadiformes. Spesies ini berkerabat dekat dengan ikan laut seperti ling biasa dan cusk, yang semuanya termasuk dalam famili Lotidae (rocklings).

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama burbot berasal dari kata Latin barba, yang berarti janggut, mengacu pada kumis di dagu tunggal, atau barbel.[1] Nama generik dan spesifiknya, Lota lota, berasal dari bahasa Prancis Kuno[2] ikan lotte, yang juga dinamai "barbot" dalam bahasa Prancis Kuno.

Sebaran[sunting | sunting sumber]

Burbot memiliki sebaran sirkumpolar di atas 40° LU. Populasinya tersebar dari Prancis melintasi Eropa dan Asia hingga Selat Bering. Di Amerika Utara, burbot berkisar dari Semenanjung Seward di Alaska hingga New Brunswick di sepanjang Pantai Atlantik. Burbot paling umum ditemukan di sungai dan danau di Amerika Utara dan Eropa. Mereka cukup umum di Danau Erie, namun juga ditemukan di Danau Besar lainnya.[3] Populasi anadromous juga tinggal di perairan payau Laut Baltik.[4] Analisis genetik terkini menunjukkan bahwa pola geografis burbot mungkin menunjukkan banyak spesies atau subspesies, sehingga takson tunggal ini agak menyesatkan.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Minnesota Profile: Burbot (Lota lota): Minnesota Conservation Volunteer: Minnesota DNR". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-24. Diakses tanggal 2012-05-04. 
  2. ^ "LOTTE : Etymologie de LOTTE". www.cnrtl.fr. Diakses tanggal 6 April 2018. 
  3. ^ Record Burbot Comes from Lake Michigan Waters (10 December 2020) Chicago Sun Times
  4. ^ Rohtla, Mehis; Vetemaa, Markus; Taal, Imre; Svirgsden, Roland; Urtson, Kristjan; Saks, Lauri; Verliin, Aare; Kesler, Martin; Saat, Toomas (2013-04-26). "Life history of anadromous burbot (Lota lota, Linneaus) in the brackish Baltic Sea inferred from otolith microchemistry". Ecology of Freshwater Fish. 23 (2). 
  5. ^ McPhail, J. Donald; Paragamian, Vaughn L. "Burbot Biology and Life History" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-11-25. Diakses tanggal 2012-05-04.