Buntut-merah dauria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Buntut-merah dauria
Phoenicurus auroreus

Adult male
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22710066
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliMuscicapidae
GenusPhoenicurus
SpesiesPhoenicurus auroreus
Pallas, 1776
Distribusi
EndemikNameri National Park, Fakim Wildlife Sanctuary, Dzuleke, Khonoma Nature Conservation and Tragopan Sanctuary, Keibul Lamjao National Park, Dehing Patkai National Park, Taman Nasional Kaziranga, Maguri Motapung Beel, Taman Nasional Manas, Orang National Park, Garbhanga Reserve Forest, Kokilamukh Beel, Majuli, Panbari Reserve Forest, Eaglenest Wildlife Sanctuary, Mehao Wildlife Sanctuary, Mishmi Hills, Namdapha National Park, Singchung Bugun Community Reserve, Sela Pass dan Pakhui Tiger Reserve

Phoenicurus auroreus atau buntut-merah dauria adalah burung penggerek kecil dari Asia yang beriklim sedang. Di Jepang, itu dikenal sebagai jōbitaki (ジョウビタキ). Spesies ini pertama kali dijelaskan oleh Peter Simon Pallas pada 1776.

Seperti semua buntut-merah yang khas, mereka sangat dimorfik secara seksual. Jantan yang berkembang biak memiliki mahkota abu-abu dan tengkuk dengan dahi dan sisi mahkota yang lebih muda, wajah dan dagu hitam, mantel dan sayap kecoklatan dan patch sayap putih besar; dada, punggung bagian bawah dan pantat berwarna oranye, dan ekor berwarna hitam dengan sisi oranye. Pejantan remaja memiliki pola yang sama tetapi jauh lebih kusam dan kurang jelas.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]