Bungkus plastik regang tinggi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah palet berisi kotak papan serat bergelombang yang dibungkus dengan plastik mulur tinggi.

Bungkus plastik regang tinggi adalah film plastik yang sangat elastis yang membungkus barang. Pemulihan elastis membuat barang-barang tetap terikat erat. Sebaliknya, bungkus plastik susut diterapkan secara longgar di sekitar suatu benda dan menyusut rapat jika terkena panas. Meskipun mirip dengan bungkus makanan plastik biasa, umumnya tidak terbuat dari bahan yang dinilai aman untuk bersentuhan dengan makanan .

Ini sering digunakan untuk mengamankan muatan palet satu sama lain tetapi juga dapat digunakan untuk menggabungkan barang-barang yang lebih kecil. Jenis bungkusan yang sering digunakan meliputi plastik kemasan regang tinggi, plastik kemasan regangan tangan, plastik kemasan regangan inti termuai, plastik keamasan regangan mesin, dan plastik kemasan disipatif statis.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Bahan bungkus plastik regang tinggi yang paling umum adalah polietilen densitas rendah linier (LLDPE), yang diproduksi melalui kopolimerisasi etilen dengan alfa-olefin, yang paling umum adalah butena, heksena, dan okten . Penggunaan alfa-olefin yang lebih tinggi (heksena atau oktena) meningkatkan karakteristik stretch film, terutama dalam hal perpanjangan putus dan ketahanan terhadap tusukan . Jenis polietilen dan PVC lainnya juga bisa digunakan. Banyak film yang mempunyai regangan sekitar 500% saat putus tetapi hanya meregang hingga sekitar 100–300% saat digunakan. Setelah diregangkan, pemulihan elastis digunakan untuk menjaga beban tetap kencang.

Ada dua metode pembuatan bungkus plastik regang tinggi

  • Peniupan : resin dicairkan dan diekstrusi melalui cetakan melingkar, didinginkan dengan udara. Ini adalah proses yang lebih lambat tetapi menghasilkan kualitas kemelekatan yang lebih tinggi. Film yang ditiup bukanlah proses ekstrusi yang konsisten, sehingga menyebabkan ketidakkonsistenan di seluruh jaringan film. Biaya produksi juga lebih tinggi karena kuantitas yang dapat diproduksi per jamnya.
  • Pengecoran : film diekstrusi melalui slot die, kemudian dilewatkan melalui rol pendingin. Hal ini membuat proses pendinginan menjadi cepat. Film pemeran lebih konsisten dan memiliki karakteristik kinerja yang lebih baik. Kualitas kelekatannya tidak sebaik yang bungkus plastik dengan metode peniupan tetapi lebih banyak yang bisa diproduksi dalam satu jam dengan biaya lebih murah.

Sifat lain seperti kekuatan putus, kemelekatan, kejernihan, ketahanan sobek, pelepasan listrik statis, dll. juga penting.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Dalam unitisasi palet, stretch wrap dapat memiliki beberapa fungsi:

  • Peningkatan stabilitas produk atau paket, membentuk satuan muatan
  • Penanganan dan penyimpanan muatan unit yang lebih efisien
  • Perlindungan debu dan kelembapan pada tingkat tertentu
  • Beberapa tingkat ketahanan terhadap kerusakan dan ketahanan terhadap pencurian paket
  • Perlindungan terhadap sinar matahari pada tingkat tertentu (pembungkus regangan UV)

Memastikan kotak tetap berada di palet dan disejajarkan dengan benar merupakan pertimbangan penting dalam distribusi gudang, terutama karena permintaan akan peningkatan hasil produksi terus meningkat.

Pembungkus plastik regang tinggi[sunting | sunting sumber]

Pembungkus rel putar otomatis
Pembungkus lengan putar otomatis
Pembungkus cincin putar otomatis

Mesin bungkus plastik regang tinggi adalah alat yang digunakan untuk mengaplikasikan ini.

  • Pembungkus manual (atau tangan ) :
    • Inti termuai : Perpanjangan inti film berfungsi sebagai pegangan pembungkus; jenis pembungkus ini menawarkan sedikit kontrol regangan dan keras di tangan.
    • Rem mekanis : Struktur sederhana mendukung gulungan film dan sistem rem mekanis memberikan ketahanan yang menciptakan regangan film.[1]
    • Pembungkus tiang: Mirip dengan sistem rem mekanis, namun penggulung dan rem berada di ujung tiang yang diperpanjang, sehingga menciptakan desain ergonomis yang menghilangkan kebutuhan untuk membungkuk untuk membungkus bagian bawah beban dan ketegangan untuk mencapai bagian atas beban.[2]
    • Pembungkus tangan pra-peregangan. Alat pembungkus yang dioperasikan dengan satu tangan dengan pra regangan mekanis yang dicapai dengan dua rol pemandu untuk bungkus plastik regang tinggi dengan kecepatan berbeda.
  • Pembungkus semi-otomatis:
    • Pembungkus pemutar rel: Muatan yang akan dibungkus diletakkan di atas meja putar yang memutar muatan relatif terhadap gulungan plastik, yang ditempatkan di dalam gerbong yang dapat bergerak naik dan turun pada "tiang" tetap. Peregangan dicapai dengan memutar beban pada kecepatan yang lebih cepat daripada kecepatan pengumpanan film.
    • Pembungkus orbital : Film ditempatkan dalam kereta pada cincin vertikal, beban diumpankan secara horizontal melalui lubang cincin yang berputar, menerapkan film pada beban. Variasi dari pembungkus regangan orbital adalah sistem cincin horizontal, di mana beban tetap diam sementara cincin horizontal diputar mengelilingi beban dan bergerak ke atas dan ke bawah secara vertikal relatif terhadap beban, mirip dengan pembungkus regangan lengan putar.
    • Pembungkus lengan putar: Dalam sistem ini, beban tetap diam sementara lengan berputar memutar beban. Sistem ini digunakan untuk beban ringan atau untuk kecepatan yang sebaliknya akan menyebabkan beban roboh karena kecepatan putaran yang tinggi.
  • Pembungkus otomatis: Pembungkus otomatis umumnya merupakan varian dari sistem semi-otomatis. Pembungkus otomatis mencakup sistem konveyor untuk memuat mesin pembungkus secara otomatis dan sistem otomatis untuk mengaplikasikan, menyegel, dan memotong film.
    • Pembungkus pemutar rel: Muatan yang akan dibungkus diletakkan di atas meja putar yang memutar muatan relatif terhadap gulungan film, yang ditempatkan di dalam gerbong yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah pada "tiang" tetap. Peregangan dicapai dengan memutar beban pada kecepatan yang lebih cepat daripada kecepatan pengumpanan film.
    • Pembungkus lengan putar: Dalam sistem ini, beban tetap diam sementara lengan berputar memutar beban. Sistem ini digunakan untuk beban ringan atau untuk kecepatan yang sebaliknya akan menyebabkan beban roboh karena kecepatan putaran yang tinggi.
    • Pembungkus cincin putar: Film ditempatkan dalam gerbong pada cincin horizontal di mana beban tetap statis sementara cincin horizontal berputar mengelilingi beban dan bergerak ke atas dan ke bawah secara vertikal relatif terhadap beban, mirip dengan pembungkus regangan lengan putar. Teknologi cincin putar benar-benar merupakan sistem yang lebih seimbang dengan lebih sedikit keausan dan perawatan dibandingkan teknologi pembungkus lain yang tersedia. Mesin pembungkus ini mampu mencapai kapasitas produksi tertinggi (hingga 160 palet per jam).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1], "Film Wrapping Dispenser" 
  2. ^ [2], "Apparatus for Application of Plastics Stretch Films"