Bunga iris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bunga iris (Neomarica longifolia; sinonim: Trimezia longifolia)[1] adalah terna (herb) yang berkembang biak dengan menggunakan rhizome (rimpang) dan termasuk ke dalam keluarga Iridaceae. Tumbuhan ini yang mempunyai bunga berwarna kuning cerah dengan corak hitam di bagian tengah (bentuknya seperti bunga anggrek). Tumbuhan ini berasal dari Afrika Barat dan Amerika Selatan, namun juga dapat ditemukan di Indonesia. Salah satu tempat persebarannya adalah Gunung Prau.[2]

Umumnya, bunga iris dapat dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias dalam ruang dan diperjualbelikan secara bebas. Tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki bentuk dan warna yang menarik dapat ditanam di dalam pot maupun di halaman rumah. N. longifolia memiliki manfaat untuk mengobati hepatitis, gusi bengkak, mual, sembelit dan rematik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Trimezia Salisb. ex Herb.", Plants of the World Online, Royal Botanic Gardens, Kew, diakses tanggal 2019-05-25 
  2. ^ Lianah, Lianah; Kusumarini, Niken; Rochmah, Fitriana; Orsida, Fadla; Mukhlisi, Mukhlisi; Ahmad, Milya Ulfa; Nadhifah, Ainun (2021-06-01). "Bryophyte Diversity in Mount Prau, Blumah Village, Central Java". Jurnal Biodjati. 6 (1): 23–35. doi:10.15575/biodjati.v6i1.11693. ISSN 2548-1606.