Bundelkhand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bundelkhand
Wilayah historis
Jahangir Mahal, Orchha
Jahangir Mahal, Orchha
Letak Bundelkhand di India
Letak Bundelkhand di India
Negara India
DemonimBundelkhandi
Bahasa-bahasa
 • Bahasa-bahasa utamaBundeli, Hindi
Zona waktuIST (UTC+05:30)
 • Musim panas (DST)+05:30 (UTC)
DinastiKhangar (1182 M hingga pertengahan abad ke-14) Rajput Chandel (hingga abad ke-15)
Rajput Bundela
IbukotaKhajuraho, Mahoba, Orchha, Garh Kundar
Negara-negaraOrchha (1501), Datia, Panna (1732), Ajaigarh (1765), Bijawar (1765), Charkhari, Samthar, Thakurra, Sarila,

Bundelkhand adalah wilayah geografis dan budaya di India dan juga nama pegunungan di India tengah. Wilayah berbukit ini kini terbagi oleh negara bagian Uttar Pradesh dan Madhya Pradesh, walaupun sebagian besar wilayahnya berada di bawah kendali Madhya Pradesh.

Wangsa Khangar menguasai wilayah Bundelkhand setelah jatuhnya Wangsa Chandela pada tahun 1182. Mereka berkuasa hingga pertengahan abad ke-14 dan pusat kekuatan mereka terletak di Garh Kundar, sebuah benteng yang dibangun oleh Khub Singh Khangar. Pada masa kekuasaan Khangar, Bundelkhand dikenal dengan nama Jujhauti, yang berarti "tanah para prajurit". Nama Bundelkhand sendiri berasal dari wangsa Rajput Bundela yang menggantikan wangsa Rajput Chandel sebagai penguasa wilayah ini pada abad ke-16.

Kota-kota besar di Bundelkhand adalah Kalpi, Chirgaon, Datia, Dabra, Mauranipur, Narsinghpur, Panna, Jhansi, Banda, Chitrakoot, Datia, Tikamgarh, Rath, Lalitpur, Sagar, Damoh, Jalaun, Orai, Hamirpur, Mahoba, Banda, Ashoknagar, dan Chhatarpur.

Beberapa tempat yang dikenal di Bundelkhand adalah Khajuraho yang merupakan sejumlah patung dari abad ke-10 yang bertema kehidupan nyaman dan erotisisme. Tambang-tambang di Panna merupakan sumber permata; sebuah permata amat besar yang digali dari tambang terakhir pernah disimpan di benteng Kalinjar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]