Buna biasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Buna biasa
Platax teira

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN54007396
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoEphippiformes
FamiliEphippidae
GenusPlatax
SpesiesPlatax teira
Forsskål, 1775

Platax teira, juga dikenal sebagai bunak, buna biasa, platak sirip panjang adalah spesies ikan bersirip pari laut yang termasuk dalam famili Ephippidae, yaitu ikan buna . Spesies ini ditemukan di Indo-Pasifik Barat .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Buna biasa memiliki bercak gelap di bawah sirip dada, dengan tanda gelap panjang lainnya di atas pangkal sirip dubur. Dilihat dari samping, ia memiliki tubuh yang agak melingkar dengan punuk rendah di tengkuknya. Ikan ini biasanya berwarna perak, abu-abu atau kecoklatan. Ia memiliki pita kehitaman melalui mata dan pita lain dengan sirip dada. Mereka akan berubah warna dari putih keperakan tanpa garis, menjadi coklat dengan garis yang lebih gelap saat Anda menonton, dan kemudian memudar kembali menjadi perak lagi. [2] Spesies ini memiliki panjang total maksimum 70 cm (28 in) yang dipublikasikan . [3] Remaja yang sangat kecil berwarna kecoklatan dan terlihat seperti daun mengambang. Remaja yang lebih besar memiliki sirip perut dan sinar lembut depan sirip punggung dan dubur sangat memanjang, memanjang ke sekitar psteriot pangkal sirip dubur. [4]

Biologi[sunting | sunting sumber]

Platax teira adalah omnivora. Ini akan memakan plankton, invertebrata sessile, invertebrata kecil, dan ganggang laut. [5] Remaja kecil tinggal di antara puing-puing yang mengambang, membentuk agregasi saat masing-masing ikan menemukan satu sama lain. Pada ukuran yang lebih besar mereka menjadi lebih pelagis dan akan membentuk kelompok yang cukup besar yang berlindung di bawah rakit besar Sargassum yang biasanya terbentuk setelah musim hujan. [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Carpenter, K.E.; Robertson, R. (2019). "Platax teira": e.T54007396A54023123. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-2.RLTS.T54007396A54023123.en. 
  2. ^ Mark McGrouther (6 May 2022). "Roundface Batfish, Platax teira Forsskål, 1775". Australian Museum. Diakses tanggal 6 April 2023. 
  3. ^ a b Froese, Rainer; Pauly, Daniel (eds.) (2023).
  4. ^ Bray, D.J. (2019). "Platax teira". Fishes of Australia. Museums Victoria. Diakses tanggal 6 April 2023. 
  5. ^ "Teira Batfish, (Platax teira) Species Profile, Teira Batfish, (Platax teira) Hobbyist Guide, Teira Batfish, (Platax teira) Care Instructions, Teira Batfish care, Feeding and more. :: Aquarium Domain.com". AquariumDomain.