Buku Bantal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sei Shōnagon dalam sebuah ilustrasi akhir abad ke-17

Buku Bantai (枕草子, Makura no Sōshi) adalah sebuah buku pengamatan dan renungan yang dicatat oleh Sei Shōnagon pada masanya menjadi pelayan istana untuk Ibu Suri Teishi (定子) pada 990an dan awal 1000an pada zaman Heian di Jepang. Buku tersebut diselesaikan pada 1002.

Karya Shōnagon terdiri dari sekumpulan esay, daftar, anekdot, puisi, dan ayat-ayat deskriptif yang memiliki sedikit hubungan satu sama lain dengan pengecualian bahwa pada kenyataannya bahwa karya-karya tersebut adalah gagasan-gagasan dan pemikiran-pemikiran dari yang apa Shōnagon pikirkan dari momen apapun yang diberikan pada masa hidupnya sehari-hari.

Buku tersebut pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh 1889 oleh T. Purcell dan W. G. Aston. Penerjemahan Inggris lainnya dibuat oleh Arthur Waley pada 1928, Ivan Morris pada 1967, dan Meredith McKinney pada 2006.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Penney, Matthew. “The Pillow Book.” Salem Press Encyclopedia 2016: Research Starters.Web.21.Feb.2017 “Heian Period.” Wikipedia: The Free Encyclopedia. Wikimedia Foundation, Inc. 25 February 2017. en.wikipedia.org/wiki/Heian_period#cite_ref-16. Accessed 27 February 2017.

Reese, Lyn. Heian Period. Women In World History Curriculum. www.womeninworldhistory.com/Heian9.ht Accessed 27 February 2017.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]