Buddha Dordenma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Buddha Dordenma adalah pembangunan rupang Buddha Shakyamuni raksasa setinggi 169 kaki yang memuat lebih dari seratus ribu Buddha di bagian interior--kesemuanya termasuk Buddha Dordenma terbuat dari perunggu dan berlapiskan emas. Rupang ini didirikan di atas Thimphu, ibukota Bhutan, pada sebuah sisi gunung.

Tepat pada akhir tahun 2008, bangunan ini akan merupakan rupang Buddha terbesar di dunia dengan ketinggian 169 kaki.

Tubuh rupang saat ini sedang dibangun oleh Aerosun Corporation, dari Nanjing, China, dengan biaya sebesar 47 juta dolar Amerika. Keseluruhan biaya proyek pembangunan rupang diperkirakan mencapai lebih dari seratus juta dolar Amerika Serikat di mana sisi interior akan memuat 100,000 unit Buddha setinggi 8 inci dan 25,000 unit Buddha setinggi 12 inci--masing-masing berlapiskan emas. Nama para sponsor atau kontributor akan dipajangkan di ruang meditasi, yakni di dalam takhta Buddha Dordenma.

Selain memperingati perayaan tahun ke-100 monarki Kerajaan Bhutan, bangunan rupang ini tidak hanya memenuhi ramalan seorang yogi ternama, Sonam Zangpo, yang mengakui bahwa suatu rupang akan didirikan di wilayah Bhutan untuk membawakan berkah, kedamaian, dan kebahagiaan bagi seluruh dunia, tetapi juga ramalan dalam terma Guru Padmasambhava sendiri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]