Budaya Mangalore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mangalore (/ˈmæŋɡəlɔːr/ simak; Tulu: Kudla, ಕುಡ್ಲ; Kannada: ಮಂಗಳೂರು, Mangalūru; Konkani: Kodial, ಕೊಡಿಯಾಲ್; Beary: Maikala, ಮೈಕಾಲ) adalah kota pelabuhan utama di negara bagian India Karnataka. Penduduk di Mangalore dikenal sebagai Mangalorean dalam bahasa Inggris, Kudladaru dalam bahasa Tulu, Kodialgharano dalam bahasa Konkani Katolik, Kodyalkar atau Mangalorekar dalam bahasa Konkani dan Manglurnavaru dalam Kannada, Maikaaltanga dalam bahasa Beary.

Budaya Konkani[sunting | sunting sumber]

Pusat Konkani Sedunia, Mangalore

Terdaqpat sekitar 22 komunitas etnis Konkani yang tinggal di Mangalore[1] termasuk Brahmin Saraswat Goud, umat Katolik Mangalore, Brahmin Daivajna, Kudmi, Kharvi, Gudigar, Navayats dll. Komunitas-komunitas tersebut berbicara dengan dialek bahasa Konkani.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Jyothi Talkies adalah sebuah teater sinema terkenal di Mangalore
Sebuah artis Yakshagana

Museum Srimanthi Bai, yang terletak di Bejai, adalah satu-satunya museum di Mangalore.[2] Bibliophile's Paradise, sebuah perpustakaan publik berteknologi tinggi yang dijalankan oleh Corporation Bank, terletak di Mannagudda.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suvarna Karnatakanthlya Konkani Lok; Fr. Richard Rego
  2. ^ "Srimanthi Bai Museum is in a shambles". The Hindu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-05. Diakses tanggal 2008-01-21. 
  3. ^ Raviprasad Kamila (2006-04-01). "It's a treasure of books". Chennai, India: The Hindu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-05. Diakses tanggal 2008-01-31.