Buah woromo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Woromo
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Kelas: Angiospermae
Ordo: Pandanales
Famili: Pandanaceae
Genus: Pandanus
Spesies: P. golabus
Nama binomial
Pandanus golabus
Been Kogoya

Buah Woromo (karu/hekali/helak) atau Kelapa Utan merupakan buah endemik yang berasal dari Wamena . Buah Woromo biasa dikonsumsi sebagai makanan tambahan. Woromo termasuk dalam keluarga pandan (Pandaneceae). Terdapat tiga varietas Woromo yang ditemukan, yakni woromo helai lirungga, kopena dan endogenep.[1] Bentuk dari buah woromo mirip dengan buah nangka atau durian. anya saja daging buahnya lebih keras dan lebih mirip dengan kelapa. Buah ini mudah ditemui di pasar-pasar di pegunungan tengah Papua dan dijual per tumpuk atau per karung. Woromo dapat dimakan langsung atau bisa juga diolah. Biasanya diolah dengan cara barapen atau pengasapan. Untuk memanen buah ini, biasanya petani masuk ke hutan selama 2–3 bulan untuk budidaya hingga musim panen tiba.

Buah woromo mengandung asam lemak tidak jenuh terdiri dari asam oleat, asam linoleat, palmitat, omega-9, omega-6, omega-3, DHA, dan EPA. Buah woromo memiliki kandungan karbohidrat yang sama dengan beras.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kogoya, Dr Been; Mma, Sp (2016-09-15). "Deskripsi Pandanus golabus Been". WOROMO PAPUA. Diakses tanggal 2020-02-27.