Brown House, Munich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Brown House, 1935

The Brown House (Jerman: Braunes Haus) adalah markas besar dari Partai Sosialis Nasional (Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei) di Jerman. Bangunan yang terletak di di jalan 45 Brienner Straße di Munich, Bavaria ini memiliki struktur batu yang besar dan mengesankan dan diberi nama sesuai dengan warna seragam partai.

Pada 1930, kantor pusat partai di jalan Schellingstrasse 50 terlalu kecil (dengan jumlah pekerja meningkat dari hanya empat pada 1925 menjadi 50 pada 1930). Pada bulan April 1930, Elizabeth Stefanie Barlow (seorang janda dari William Barlow, pedagang grosir Inggris) menawarkan Barlow Palace (dibangun pada 1828) untuk dijual kepada Franz Xaver Schwarz, bendahara partai. Kontrak penjualan ditandatangani pada 26 Mei, dengan harga pembelian 805.864 marks. Dana untuk renovasi kantor pusat partai disediakan oleh industrialis Fritz Thyssen. Rumah itu direnovasi dari sebuah villa menjadi gedung perkantoran oleh arsitek Paul Troost. Ia dan Adolf Hitler mendekor bangunan tersebut dengan gaya anti-modern. Markas besar tersebut dibuka pada tanggal 1 Januari 1931. Adolf Hitler mempertahankan sebuah potret besar dari Henry Ford di samping mejanya di Brown House sejak Ford dan Adolf Hitler saling mengagumi prestasinya masing-masing.[1]

Hitler tetap mempertahankan kantor di Brown House, begitu juga yang dilakukan oleh Hans Frank, Heinrich Himmler, Hermann Göring, Rudolf Hess, Philipp Bouhler, dan Franz Xaver Schwarz. Juga disimpan ada yang disebut Blutfahne, atau "bendera darah" atau "banner darah." Bedera tersebut adalah bendera Sosialis Nasional yang dibawa pada demonstrasi Beer Hall Putsch pada 1923. Di Bndara tersebut terdapat cipratan darah dari demonstran saat polisi Munich menembaki mereka. Bendera ini menjadi peninggalan suci dari Partai Sosialis Nasional.

The Brown House rusak pada bulan Oktober 1943 dan sebagian besar hancur dalam serangan bom sekutu di akhir Perang Dunia II. Puing-puing itu dibersihkan pada tahun 1947, meninggalkan banyak ruang kosong.

Pada bulan Desember 2005 pemerintah Bavaria mengumumkan bahwa bagunan tersebut akan menjadi tempat NS-Dokumentationszentrum ("Pusat Dokumentasi untuk Sejarah Sosialisme Nasional")[2].

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki

  1. ^ Dobbs, Michael (November 30, 1998). "Ford and GM Scrutinized for Alleged Nazi Collaboration". Washington Post. 
  2. ^ "Plans for a documentation centre for the history of national socialism". NS-Dokumentationszentrum München. 

Bacaan lebih lanjut

  • Kasher, Stephen. The Art of Adolf Hitler. Cambridge, Massachusetts: MIT Press, 1992.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]