Brigade Serba Guna 357

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Saat menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia antara tahun 1983 sampai dengan 1988, Laksamana (Purn) Sudomo, membentuk satuan paramiliter setingkat brigade dengan nama Brigade Serba Guna 357 di departemen yang ia pimpin. Tujuan utamanya adalah untuk membentuk mental disiplin bagi pegawai negeri sipil di lingkungan departemen tersebut.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota brigade ini berasal dari pegawai negeri sipil Departemen Tenaga Kerja yang telah mengikuti pendidikan dasar kemiliteran yang dilaksanakan oleh institusi militer yang ditugaskan khusus untuk melatih para anggotanya.

Tugas[sunting | sunting sumber]

Tugas-tugas yang pernah diemban oleh satuan ini antara lain; membantu Polri dan ABRI menjaga keamanan saat hari-hari besar nasional.

Seragam[sunting | sunting sumber]

Seragam dinas anggota brigade ini adalah: celana komando warna biru tua, kemeja biru muda, sepatu PDL standar TNI, kopel dan topi pet berwarna biru tua. Anggota satuan ini juga dilengkapi dengan peralatan militer standar seperti: ransel rimba, tali, pluit, botol minum dan pisau sangkur. Tanda kepangkatan disesuaikan dengan jabatan anggota sebagai pegawai negeri sipil.

Akhir Tugas[sunting | sunting sumber]

Brigade ini kemudian dibubarkan seiring pergantian jabatan Menteri Tenaga Kerja pada tahun 1988.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]