Brien McMahon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Brien McMahon
McMahon in 1945
Ketua Komite Gabungan Kongres Amerika Serikat untuk Energi Atom
Masa jabatan
3 Januari 1949 – 28 Juli 1952
Sebelum
Pengganti
Carl T. Durham (Acting)
Sebelum
Masa jabatan
1 Agustus 1946 – 3 Januari 1947
Sebelum
Pendahulu
Dirinya (Senat Komite Energi Atom)
Sebelum
Ketua Senat Komite Energi Atom
Masa jabatan
22 Oktober 1945 – 1 Agustus 1946
Sebelum
Pendahulu
Posisi ditetapkan
Pengganti
Dirinya (Komite Energi Atom Gabungan)
Sebelum
Sekretaris Senat Democratic Caucus
Masa jabatan
3 Januari 1945 – 28 Juli 1952
PemimpinAlben W. Barkley
Scott W. Lucas
Ernest McFarland
Senator Amerika Serikat
dari Connecticut
Masa jabatan
3 Januari 1945 – 28 Juli 1952
Informasi pribadi
Lahir
James O'Brien McMahon

(1903-10-06)6 Oktober 1903
Norwalk, Connecticut, U.S.
Meninggal28 Juli 1952(1952-07-28) (umur 48)
Washington, D.C., U.S.
Partai politikDemocratic
PendidikanFordham University (BA)
Yale University (LLB)
Tanda tangan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Brien McMahon, lahir James O'Brien McMahon (6 Oktober 1903 – 28 Juli 1952) adalah seorang pengacara dan politikus Amerika yang bertugas di Senat Amerika Serikat (sebagai Demokrat dari Connecticut) dari tahun 1945 hingga 1952. McMahon adalah tokoh utama dalam pembentukan Komisi Energi Atom, melalui penulisan Undang-Undang Energi Atom tahun 1946 (UU McMahon).

McMahon menjabat sebagai ketua Senat Komite Khusus Energi Atom, dan ketua pertama Komite Gabungan Energi Atom. McMahon adalah tokoh kunci pada awal tahun pengembangan senjata atom dan advokat sipil atas pengembangan nuklir di AS. Tahun 1952, McMahon mengusulkan "Tentara" pemuda Amerika untuk bertindak sebagai "misionaris demokrasi," yang dibentuk sebagai Korps Perdamaian di masa depan.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

McMahon lahir pada tahun 1903 di Norwalk, Connecticut.  McMahon lulus Universitas Fordham pada tahun 1924 dan kemudian Sekolah Hukum Yale pada tahun 1927.[1]  McMahon mengubah namanya menjadi Brien McMahon pada tahun yang sama setelah diterima di Asosiasi Bar.

Karier[sunting | sunting sumber]

McMahon memulai praktik di Norwalk dan kemudian menjabat sebagai hakim di pengadilan kota, ditunjuk oleh Gubernur Connecticut, Wilbur L. Cross.[2] Namun, McMahon mengundurkan diri dan menjadi asisten khusus Jaksa Agung Amerika Serikat pada tahun 1933. Jaksa Agung Homer Cummings juga berasal dari Connecticut. Pada tahun 1935, McMahon diangkat sebagai Asisten Jaksa Agung Amerika Serikat yang mengawasi Divisi Kriminal Departemen Kehakiman.

Di antara kasus-kasus menonjol yang terkait dengan McMahon di Divisi Kriminal adalah penuntutan pengacara John Dillinger, Louis Piquette (karena menyembunyikan seorang pelaku kriminal) dan persidangan terhadap gangster yang terkait dengan kasus Baby Face Nelson.

Namun, kasus terkenal dan dasar karir politik yang mengangkat McMahon adalah kasus Harlan County Coal Miners. Kasus ini adalah upaya pertama untuk menegakkan Undang-Undang Wagner yang melindungi serikat pekerja. Kasus ini menjadi terkenal, bukan karena prinsip hukumnya, melainkan karena kekerasan dan skandal seputar persidangannya.

Meski kalah, ia mendapatkan pengakuan publik dan reputasi sebagai penegak keadilan yang berani dan jujur. Kedua hal inilah yang memajukan ambisi politiknya. Informasi ini merupakan pitutur asli MacMahon dalam biografi yang menyertai pengantar makalahnya, yang disimpan oleh Perpustakaan Universitas Georgetown.

Pada tahun 1939, McMahon meninggalkan dinas pemerintah dan melanjutkan praktik hukumnya. Pada bulan Februari 1940 McMahon menikah dengan Rosemary Turner (21 Juni 1917 – 11 Oktober 1986), dan mereka memiliki seorang putri, Patricia. Rosemary adalah saudara tiri dari politisi Inggris dan novelis terlaris (Lord) Jeffrey Archer (1940–).

Karier Kongres[sunting | sunting sumber]

McMahon melancarkan kampanye yang sukses untuk meraih kursi Senat Amerika Serikat di Connecticut pada tahun 1944, mengalahkan petahana John A. Danaher, dengan topik internasionalisme (McMahon) vs. isolasionisme (Danaher) sebagai pokok perdebatan utama.

Pada tanggal 16 Juli 1945, sebuah bom atom berhasil diledakkan di Alamogordo, New Mexico. Setelah itu Senator Brien McMahon dari Connecticut menyebutnya sebagai "hal terpenting dalam sejarah sejak kelahiran Yesus Kristus". Pada akhir tahun 1945, McMahon diangkat sebagai Ketua Komite Khusus Senat untuk Energi Atom, yang mengeksplorasi alternatif legislatif terhadap Departemen Perang yang disponsoril oleh May-Johnson bill. McMahon kurang memiliki pengetahuan tentang energi atom, tetapi jiwa kepemimpinannya menjadi aset yang menegaskan dirinya sebagai Senator baru, terutama karena RUU May-Johnson semakin mendapat serangan dari para ilmuwan dan kemudian kehilangan dukungan dari Gedung Putih Truman.

Pada tanggal 20 Desember 1945, Brien McMahon memperkenalkan undang-undang Senat untuk rancangan undang-undang energi atom alternatif, yang kemudian dikenal sebagai RUU McMahon. RUU liberal menempatkan kendali penelitian atom di tangan para ilmuwan dan didukung secara luas oleh para ilmuwan. McMahon sendiri membingkai kontroversi tersebut sebagai pertanyaan tentang kendali militer versus sipil atas energi atom, meskipun RUU Departemen Perang pada dasarnya juga merupakan RUU sipil.

Komite Khusus Energi Atom McMahon mengadakan banyak diskusi selama akhir tahun 1945 dan awal tahun 1946. Diskusi ini mengemukakan argumen tentang undang-undang dalam negeri pascaperang untuk mengendalikan energi atom. Pada musim semi tahun 1946, RUU McMahon mengalami revisi besar-besaran untuk menenangkan oposisi konservatif di Senat. RUU yang dihasilkan kemudian disahkan Senat dan DPR. Pada tanggal 1 Agustus 1946, Presiden Harry Truman menandatangani RUU McMahon menjadi undang-undang sebagai Undang-Undang Energi Atom tahun 1946.[3]

Undang-undang Energi Atom tahun 1946 membentuk komite Kongres khusus, Komite Gabungan Energi Atom. Brien McMahon menjabat sebagai ketua pertama pada tahun 1946, dan sekali lagi pada tahun 1949–1952.[4] McMahon diangkat sebagai direktur staf eksekutif komite William L. Borden, yang memainkan peran berpengaruh dalam komite.[5]

Uji coba bom atom pertama oleh Uni Soviet pada bulan Agustus 1949 dilakukan lebih awal dari perkiraan Amerika, dan McMahon segera mendesak agar produksi senjata atom AS ditingkatkan secara substansial. Selain itu, selama beberapa bulan berikutnya terjadi perdebatan sengit di kalangan pemerintah AS, militer, dan komunitas ilmiah mengenai apakah akan melanjutkan pengembangan bom hidrogen yang jauh lebih kuat, yang kemudian dikenal sebagai "the Super". McMahon sangat mendukung Super, dan menyampaikan argumen serupa dalam serangkaian surat yang dia tulis kepada Presiden Truman.

Senator menolak argumen berbasis moralitas yang menentang bom hidrogen karena bom tersebut secara inheren lebih merusak dibandingkan senjata sebelumnya, dan menanyakan, "Mana etika yang lebih valid antara Perang Dunia II hingga beberapa hari dan pengeboman Hamburg, pengeboman Tokyo, dan pemboman atom di Hiroshima, dan segala serangan di masa depan dengan teknologi apa pun yang menimbulkan korban jiwa dalam jumlah besar.

McMahon ke kursi Senatnya pada tahun 1950 setelah pemilihan Connecticut. Selama masa jabatannya di Senat, ia menjabat sebagai Sekretaris Konferensi Senat Demokrat.

Kampanye presiden hingga kematian[sunting | sunting sumber]

Mulai Januari 1952, McMahon disebut-sebut sebagai calon kandidat potensial dalam pesta demoktaris pemilihan presiden tahun 1952, tetapi dia bimbang apakah dia benar-benar mencalonkan diri atau tidak. Slogan kampanyenya adalah, "The Man is McMahon", dan platform kampanye utamanya adalah memastikan perdamaian global melalui kekuatan persenjataan atom. Kemudian pada bulan Maret 1952 dia jatuh sakit dan menghabiskan seminggu di Rumah Sakit Angkatan Laut Bethesda; kondisinya semakin buruk karena kanker paru-paru.

Dari tempat tidurnya, ia mengirim pesan ke konvensi negara bagian Partai Demokrat di Hartford, Connecticut yang mengatakan bahwa jika terpilih sebagai presiden, ia akan memberitahu Komisi Energi Atom untuk memproduksi ribuan bom hidrogen.[6] Pada saat Konvensi Nasional Demokratik tahun 1952 bulan Juli, ia terlalu lemah untuk dianggap sebagai kandidat, tetapi delegasi dari Connecticut awalnya memberikan 16 suara untuknya sebagai isyarat simbolis.

Brien McMahon bertugas di Senat Amerika Serikat sampai kematiannya di Rumah Sakit Universitas Georgetown di Washington DC, pada tanggal 28 Juli 1952, pada usia 48 tahun. Berita kematiannya dimuat di halaman depan, bagian atas liputan pengobatan di The New York Times. Brien McMahon kemudian dimakamkan di Pemakaman St. Mary di Norwalk.

Warisan dan kehormatan[sunting | sunting sumber]

Perangko Peringatan McMahon, 1962

Sebuah perangko peringatan untuk menghormati Brien McMahon dan perannya dalam membuka jalan menuju penggunaan energi atom secara damai dikeluarkan oleh Amerika Serikat pada tanggal 28 Juli 1962, di Norwalk, Connecticut. Prangko tersebut menampilkan potret McMahon yang sedang menampilkan simbol atom.

Sekolah Menengah Brien McMahon di Norwalk, dinamai menurut namanya. Brien McMahon Hall, asrama di Universitas Connecticut di Storrs, juga menggunakan namanya.

Cuplikan McMahon disertakan dalam film dokumenter tahun 1982 The Atomic Cafe yang memberikan pidato yang mendesak tanggapan yang masuk akal terhadap perolehan senjata atom berbeda dengan pidato McCarthyite dari Senator Partai Republik Owen Brewster , Richard Nixon dan Perwakilan Demokrat Lloyd Bentsen .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Senator McMahon Dies at 48; Leader in Atomic Progress; Democrat of Connecticut Sought World Peace -- Lauded by Truman". The New York Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-11. 
  2. ^ "GEORGETOWN: THE BRIEN MCMAHON PAPERS". web.archive.org. 2010-06-29. Diakses tanggal 2023-11-11. 
  3. ^ Hewlett, Richard G; Anderson, Jr., Oscar (1962). The New World. Pennsylvania: Pennsylvania State University Press. hlm. 13–14. 
  4. ^ Ken, Young; Warner R, Schilling (2019). Super Bomb: Organizational Conflict and the Development of the Hydrogen Bomb. Ithaca, New York: Cornell University Press. hlm. 1, 4, 33–34, 77. 
  5. ^ Bundy, McGeorge (1988). Danger and Survival: Choices About the Bomb in the First Fifty Years. New York: Random House. hlm. 204–205, 211, 305. 
  6. ^ Hewlett, Richard G.; Duncan, Francis (1969). Atomic Shield. U.S. Atomic Energy Commission. hlm. 585.