Brian Wallows and Peter's Swallows

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Brian Wallows and Peter's Swallows
Episode Family Guy
Nomor episodeMusim 3
Episode 17
SutradaraDan Povenmire
PenulisAllison Adler
Kode produksi3ACX03
Tanggal siar17 Januari 2002
Bintang tamu
Kronologi episode
← Sebelumnya
"A Very Special Family Guy Freakin' Christmas"
Selanjutnya →
"From Method to Madness"

"Brian Wallows and Peter's Swallows" adalah episode ketujuhbelas musim ketiga Family Guy. Episode ini pertama kali disiarkan oleh Fox pada tanggal 17 Januari 2002.[1] Dalam episode ini, Brian divonis hukuman pelayanan masyarakat dan harus mengurus seorang perempuan lansia yang jutek. Pada awalnya Brian tidak menyukai perempuan itu, tetapi kemudian ia menyaksikan sebuah dokumenter yang menunjukkan bahwa perempuan itu adalah seorang mantan penyanyi dengan suara yang menakjubkan. Sementara itu, Peter memutuskan untuk menumbuhkan janggut yang kemudian menjadi tempat tinggal burung-burung langka.

Episode "Brian Wallows and Peter's Swallows" ditulis oleh Allison Adler dan disutradarai oleh Dan Povenmire. Terdapat beberapa pengisi suara tamu dalam episode ini, seperti A. J. Benza, Gary Cole, Adria Firestone, Melora Hardin, Butch Hartman, Phil LaMarr, Jane Lynch, Nicole Sullivan dan Wally Wingert. Episode ini mendapat tanggapan yang rata-rata positif dan lagu "You've Got a Lot to See" yang dinyanyikan di episode ini memperoleh Penghargaan Emmy.[2]

Cerita[sunting | sunting sumber]

Brian memutuskan untuk pergi kencan dengan seorang perempuan yang cantik tetapi bodoh. Ia kemudian menyadari bahwa perempuan itu adalah "seorang idiot". Brian pulang ke rumah dan merasa depresi. Lois berkomentar bahwa Brian terlalu selektif. Ia mengusulkan agar Brian ikut dengan Peter, Quagmire dan Cleveland ke acara konser rock laser. Di situ Brian malah melihat pasangan-pasangan yang sedang bercinta dan ia menjadi semakin depresi, sehingga ia mulai meminum alkohol. Dalam perjalanan pulang bersama dengan kawan-kawannya, mobilnya distop oleh Joe dan Brian ditangkap karena ia mengemudi di bawah pengaruh alkohol.

Satu bulan kemudian, Brian diberi hukuman 100 jam pelayanan masyarakat dalam program "Menjangkau Lansia". Ia ditugaskan mengurus seorang perempuan lansia yang bernama Pearl. Pearl tidak pernah keluar dari rumahnya selama 30 tahun. Brian merasa kesal karena Pearl terus menerus memarahinya dan memperlakukannya dengan kasar. Pada akhirnya Brian naik darah dan menyuruh Pearl "mati saja". Namun, Brian kemudian menyaksikan sebuah acara televisi yang menjelaskan bahwa Pearl sebenarnya adalah seorang mantan penyanyi opera yang berbakat pada tahun 1940-an dan 1950-an. Ia merasa dipermalukan saat dipaksa oleh para penonton untuk menyanyikan lagu-lagu radionya yang lebih populer daripada lagu-lagu opera. Brian memutuskan untuk mengunjungi Pearl lagi pada malam itu, dan ia melihat Pearl baru saja akan gantung diri. Brian menyelamatkannya dan lalu meyakinkan Pearl bahwa suaranya sungguh menakjubkan. Pearl merasa tersentuh hatinya.

Brian dan Pearl lalu menjadi sahabat dekat berkat nyanyian Pearl. Brian mengusulkan agar mereka makan malam di luar rumah. Brian menyanyikan lagu "You've Got a Lot to See" untuk meyakinkan Pearl agar ia mau keluar rumah, tetapi di luar Pearl ditabrak truk. Di rumah sakit, Brian merasa sangat bersalah karena sudah membawanya keluar rumah. Namun, Pearl mengatakan bahwa hari itu adalah hari terbaik dalam hidupnya. Mereka lalu menghabiskan sisa waktu mereka bersama dengan menggunakan alat realitas maya yang dibeli oleh Brian di acara konser rock. Mereka menyaksikan bagaimana mereka menikah dan menghabiskan waktu bersama. Pearl lalu meninggal akibat luka-lukanya.

Sementara itu, setelah menonton salah satu episode Grizzly Adams di televisi, Peter memutuskan untuk menumbuhkan jenggot. Setelah jenggotnya tumbuh, keluarga Griffin makan malam bersama di luar, tetapi Peter kemudian diganggu oleh seekor burung. Burung tersebut lalu bersarang di jenggot Peter. Peter mencoba mengusir burung itu, tetapi tiba-tiba datang seorang ahli ornitologi yang menjelaskan bahwa burung tersebut adalah spesies yang langka, sehingga Peter tidak boleh mengusirnya. Peter mencoba hidup seperti biasa, tetapi burung itu terus menerus mengganggunya, sehingga Peter memutuskan untuk menembak burung tersebut. Lois menghentikannya dan burung itu lalu terbang ke luar. Ternyata di janggut Peter terdapat tiga ekor burung kecil yang baru saja menetas. Peter merasa tersentuh dan memutuskan untuk menyimpan burung-burung itu. Seiring berjalannya waktu, ia semakin tidak rela untuk melepaskan burung-burung itu saat mereka sudah dewasa, tetapi pada akhirnya berhasil dipaksa oleh Lois untuk melepaskan mereka ke alam. Peter lalu mencukur jenggotnya.[3]

Pada akhir episode, di bar Drunken Clam, Brian dan Peter minum bersama dan saling berbagi pengalaman. Brian melihat seorang perempuan cantik yang melihatnya dengan tatapan yang menggoda, dan Peter juga mendapat perhatian yang sama dari seekor burung betina yang besar, tetapi keduanya merasa bahwa mereka belum siap untuk pindah ke lain hati.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beierle, Aaron (2003-09-09). "Family Guy Volume Two Review". DVDTalk. Diakses tanggal 2010-05-07. 
  2. ^ Penghargaan untuk Family Guy di IMDb (dalam bahasa Inggris)
  3. ^ "Family Guy Episode Guide - Brian Wallows and Peter's Swallows". TBS. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-23. Diakses tanggal 2010-05-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]