Breda PG

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkas:Breda 1935 pg.jpg

Breda PG ("Presa Gas", Pengoperasian Gas) merupakan senapan semi otomatis prototipe yang diproduksi oleh Breda, pabrikan ternama dari Italia. Breda PG dirancang oleh Sestilio Fiorini pada tahun 1931 dan diproduksi pada tahun 1935. Senapan ini menggunakan kaliber 6.5mm Carcano yang digunakan oleh senapan militer Italia dan kaliber 7mm Mauser. Senapan ini memiliki berat sekitar 5 kg lebih dan seperti senapan semi otomatis lainnya pada masa sebelum perang, Breda PG memiliki sistem yang rumit namun berkualitas tinggi. Namun, yang membuat senapan ini unik adalah memiliki fitur "burst fire" 4 peluru yang sangat tidak lazim pada masanya dimana pada saat itu senapan hanya memiliki fitur "full auto" dan "semi auto". Hal ini menjadikan PG sebagai senapan "burst fire" pertama di dunia.

Breda PG hanya digunakan oleh dua negara yaitu Italia dan Kosta Rika. Versi milik Italia menggunakan kaliber 6.5mm Mannlicher–Carcano dan hanya dengan mode "single fire" (semi auto) sistem closed bolt. Sedangkan versi milik Kosta Rika menggunakan kaliber 7mm Mauser dan memiliki sistem open bolt serta mode "single fire" dan "burst fire" 4 peluru.[1][2]

Tidak diketahui jumlah senapan yang dipesan oleh Italia (hanya beberapa ratus pucuk senapan) sedangkan Kosta Rika memesan sebanyak 800 pucuk senapan (ada juga yang menyebutkan 400 senapan).[3] Senapan Breda PG tidak diadopsi secara luas oleh pasukan Italia karena berat, sistemnya yang rumit, dan harganya yang mahal. Senapan tersebut juga digunakan Italia pada awal Perang Dunia 2 dan tidak diketahui lagi nasibnya sekarang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McCollum, Ian (August 11, 2017). "Costa Rican Breda PG: The First Burst-Fire Rifle". Forgotten Weapons. Forgotten Weapons. Diakses tanggal September 26, 2018. 
  2. ^ McCollum, Ian (August 11, 2017). "Breda PG Photos". Forgotten Weapons. Forgotten Weapons. Diakses tanggal September 26, 2018. 
  3. ^ Modern Firearms - Breda M1935 PG rifle.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]