Branjangan hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Branjangan hitam
Melanocorypha yeltoniensis
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22717301
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliAlaudidae
GenusMelanocorypha
SpesiesMelanocorypha yeltoniensis
(Forster, 1768)
Tata nama
Sinonim takson
  • Alauda yeltoniensis
ProtonimAlauda yeltoniensis

Branjangan hitam ( Melanocorypha yeltoniensis ) adalah spesies burung branjangan dalam keluarga Alaudidae yang ditemukan di tenggara Rusia dan Kazakhstan.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah burung branjangan yang besar dan kuat, 18–205 cm (7,1–80,7 in) panjangnya. Jantan dewasa tidak salah lagi, semuanya berwarna hitam dengan pinggiran bulu pucat di punggungnya, dan paruh kekuningan atau merah muda. Betinanya tidak dapat dibedakan jika dibandingkan, sebagian besar berwarna abu-abu gelap di bagian atas dan pucat di bagian bawah. Kaki dan bagian bawah sayapnya berwarna hitam.

Kicauan burung ini seperti versi panik dari kicauan sanma Eurasia .

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Ini adalah burung padang rumput terbuka, sering kali berada di dekat air. Ini sebagian bermigrasi, dengan burung-burung dari barat laut tempat berkembang biaknya bergerak ke tenggara hingga musim dingin lebih jauh ke Rusia dan negara-negara tetangga, hingga pantai utara Laut Hitam di selatan Ukraina.

Branjangan hitam adalah burung gelandangan yang sangat langka yang berada jauh dari daerah perkembangbiakannya, dengan catatan tercatat selama periode perjalanan musim semi dan musim gugur, dan juga di musim dingin; berikut adalah daftar lengkap rekor Eropa yang jauh dari wilayah perkembangbiakan dan wilayah musim dingin normal pada tahun 2005.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Sarangnya ada di tanah, dengan 4–5 butir telur diletakkan. Makanannya adalah biji-bijian dan serangga, terutama pada musim kawin. Ia suka berteman di musim dingin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Melanocorypha yeltoniensis". 2016: e.T22717301A90011765. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22717301A90011765.en.