Brad Heller

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Brad Heller adalah seorang guru akting asal Amerika Serikat, dan pendiri studio akting The Heller Approach di Los Angeles, California. Dia juga seorang aktor, penulis, dan sutradara. Heller dibimbing oleh anggota Group Theatre  Don Richardson, yang merupakan satu-satunya anggota kelompok yang mengatakan, "Metode itu bukanlah mengenai akting....." Teknik yang dikembangkan oleh Heller, dikenal sebagai The Heller Approach (Pendekatan Heller) ini terutama didasarkan pada memori otot. Pendekatan ini sangat berbeda dari Metode Akting, yang mengharuskan seseorang untuk mendalami emosi pribadi. Teknik Heller menggunakan filosofi yang sama seperti yang dilakukan seorang atlet. Teknik akting Heller juga membantu pemeran mengatasi demam panggung dan kecemasan tampil.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Brad Heller lahir di Denver, Colorado, dari orang tua Sue dan Marshall. Ayahnya adalah seorang pensiunan dokter mata, dan ibunya adalah seorang pensiunan pelatih pribadi. Kedua orang tua Heller saat ini bersama-sama tinggal di Los Gatos – sebuah kota di California Utara. Heller memiliki satu kakak, Greg, seorang fotografer saat ini tinggal di Hawaii. Brad Heller kuliah di Universitas California, San Diego dalam bidang studi Pre-med sebelum transfer dan lulus dari Program Seni di Boston University. Setelah lulus dari Universitas Boston, Heller melakukan komedi sebelum pindah ke Los Angeles untuk memasuki industri hiburan. Secara artistik telah melibatkan seluruh hidupnya, bermain gitar, banjo, harmonika, dan menyanyi sejak usia 11 tahun.

Karier sebagai Guru Akting[sunting | sunting sumber]

Brad Heller diperkenalkan ke Don Richardson melalui salah seorang siswa, yang memberinya buku karya Richardson, Acting Without Agony: An Alternative to the Method (Akting Tanpa Penderitaan: Sebuah Alternatif untuk Metode).[2] Pada saat itu, Heller telah berhenti akting karena ia tidak menemukan hal yang menyenangkan lagi. Pada tahun 1993, Heller mulai belajar dengan Profesor Richardson di UCLA, dan segera setelahnya diundang untuk mengambil bagian dalam Master Class, yang benar-benar mengubah gairah Heller gairah untuk berakting lagi. Ia juga mulai belajar dengan Dr. Eda Gorbis, otoritas terkenal di dunia dalam bidang pengobatan dan penelitian gangguan kecemasan.[3] Selama hampir satu dekade, Dr. Gorbis membimbing Heller, dia mengajar mekanisme mengatasi untuk rasa takut dan kecemasan, dalam rangka menyerap pelajaran akting Richardson. Dr. Gorbis oleh Heller dianggap berjasa memberinya alat-alat yang diperlukan untuk dapat berakting penuh potensi dan tidak dibombardir oleh kecemasan. Pemenang Academy Award, penulis dan sutradara, Seth Winston, yang karyanya Session Man menang Film Subjek Pendek Terbaik pada tahun 1992, juga membimbing Heller.[4] Pengaruh Winston telah dimasukkan ke dalam Pendekatan Heller di bidang analisis adegan dan karakter. Winston saat ini mengajar penulisan naskah di American Film Institute.

Setelah meninggalnya Don Richardson, Brad merasa terdorong untuk meneruskan warisan dan ajaran-ajaran Don, dan mulai mendidik dan membina non-metode teknik akting revolusioner ini di UCLA sebagai Profesor Akting selama 5 tahun, mulai tahun 1994. Seperti Richardson, dia juga memiliki Master Class sendiri, dengan workshop terpisah yang terbuka untuk siswa hanya dengan undangan. Segera setelah itu, ia membuka sendiri sekolah akting, saat ini dikenal sebagai The Heller Approach Acting Studio (sebelumnya The Acting Without Agony Academy). Pada tahun 2012, Heller telah memiliki siswa yang telah belajar dengan dia selama 15 tahun. Siswanya mencakup Judge Reinhold, Maria Gilbert, David A. R. White, Masi Oka, Jeffrey Dean Morgan, dan Joelle James (artis rekaman – baru-baru ini menandatangani kontrak dengan Interscope Records dan memiliki duet dengan rapper Chris Brown dalam album Boy in Detention).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Heller, Brad. "Leave the Agony Behind". Back Stage. Diakses tanggal July 13, 2012. 
  2. ^ Richardson, Don. Acting Without Agony: An Alternative to the Method. Allyn & Bacon. ASIN 0205151655.  CS1 maint: ASIN uses ISBN (link)
  3. ^ Gorbis, Eda. "About Dr. Eda Gorbis". Diakses tanggal July 12, 2012. 
  4. ^ "New York Times: Session Man". NY Times. Diakses tanggal July 12, 2012.