Boy-boy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boy-boy
Nassarius
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumMollusca
KelasGastropoda
OrdoNeogastropoda
FamiliNassariidae
GenusNassarius
Duméril, 1806

Nassarius, atau siput boy-boy, adalah genus siput laut berukuran kecil hingga sedang, moluska gastropoda laut dalam famili Nassariidae . [1] Mereka adalah pemakan bangkai.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Spesies dalam genus ini terdapat di seluruh dunia. Boy-boy biasanya hidup di dataran lumpur atau dataran pasir, secara intertidal atau subtidal.

Kebiasaan hidup[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar spesies Nassarius adalah pemakan bangkai yang sangat aktif, memakan kepiting dan bangkai seperti ikan mati, dll. Mereka sering menggali ke dalam substrat laut dan kemudian menunggu hanya dengan sifonnya yang menonjol, sampai mereka mencium bau makanan di dekatnya.

Deskripsi cangkang[sunting | sunting sumber]

Cangkang spesies dalam genus ini memiliki puncak cyrtoconoid yang relatif tinggi (mendekati bentuk kerucut tetapi dengan sisi cembung) dan takik siphonal .

(Digambarkan sebagai Aciculina ) Cangkangnya berbentuk menara, dipoles, halus atau berlipat memanjang. Bibir bagian dalam menunjukkan kalus yang tajam, lurus, tegas. Bibir luar diproduksi di tengah, bervariasi secara eksternal. [2]

(Digambarkan sebagai Nassa ) Mata terletak di tengah tentakel. Gigi lingualnya melengkung dan berpetinasi. Uncini menunjukkan gigi basal. Kakinya besar, melebar dan bercabang dua di ujung posteriornya.

Operkulum berbentuk bulat telur, tepinya bergerigi atau seluruhnya.

Cangkangnya berbentuk bulat telur dan ventrikel. Lingkaran tubuh dipahat dengan berbagai cara. Bukaannya berbentuk bulat telur, dengan kanal anterior terpotong pendek. Bibir bagian dalam halus, seringkali tersebar luas dengan enamel, dengan lapisan posterior yang kasar atau anyaman dentiform yang tumpul. Bibir luarnya bergerigi, bagian dalamnya berkerut. [3]

Sinonim[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bouchet, P.; Gofas, S. (2010). Nassarius Duméril, 1806. In: Bouchet, P.; Gofas, S.; Rosenberg, G. (2010) World Marine Mollusca database. Accessed through: World Register of Marine Species at http://www.marinespecies.org/aphia.php?p=taxdetails&id=138235 on 2010-11-30
  2. ^ Adams, H. & Adams, A. (1853-1858). The genera of Recent Mollusca; arranged according to their organization. London, van Voorst. Vol. 1: xl + 484 pp.; vol. 2: 661 pp.; vol. 3: 138 pls Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.
  3. ^ Adams, H. & Adams, A. (1853-1858). The genera of Recent Mollusca; arranged according to their organization. London, van Voorst. Vol. 1: xl + 484 pp.; vol. 2: 661 pp.; vol. 3: 138 pls Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.