Boussu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boussu
Boussu-dlé-Mont  (Picard)
Bendera Boussu
Lambang kebesaran Boussu
Location of Boussu
Peta
Boussu di Belgium
Boussu
Boussu
Lokasi di Belgia
Location of Boussu in Hainaut
Koordinat: 50°26′N 03°48′E / 50.433°N 3.800°E / 50.433; 3.800Koordinat: 50°26′N 03°48′E / 50.433°N 3.800°E / 50.433; 3.800
Negara Belgia
MasyarakatMasyarakat Prancis
DaerahWallonia
ProvinsiHainaut
ArrondissementMons
Pemerintahan
 • Wali KotaJean-Claude Debiève (PS)
 • Partai penguasaPS
Luas
 • Total20,08 km2 (775 sq mi)
Populasi
 (2018-01-01)[1]
 • Total19.856
 • Kepadatan9,9/km2 (26/sq mi)
Kode pos
7300, 7301
Kode NIS
53014
Kode area telepon065
Situs webwww.boussu.be

Boussu (pengucapan bahasa Prancis: [busy]; bahasa Picardia: Boussu-dlé-Mont) adalah kotamadya dari Wallonia yang terletak di provinsi Hainaut, Belgia.

Pada 1 Januari 2006, Boussu memiliki populasi 20.058 jiwa. Luas wilayahnya adalah 20,01 km², sehingga kepadatan penduduk adalah 1.002 jiwa per km².

Kotamadya terdiri dari distrik berikut: Boussu dan Hornu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peringatan pemakaman Thierry de Hennin Liétard (1406–1430)

Selama akhir Abad Pertengahan, kota ini memberikan namanya pada cabang penting Rumah Hénin. Kastil Boussu dibangun pada periode ini, dan anggota penting keluarga ini dimakamkan di dalam gereja. Yang paling terkenal adalah Mausoleum Maximilien II de Hénin, Pangeran Bossu ke-5.

Pada abad ke-19 industri lokal berkembang. Sebuah kota industri terencana, yang disebut le Grand Hornu, dibangun. Terletak di Hornu, bangunan tersebut sekarang menjadi museum.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Seperti kota tetangganya, Hornu, kota Boussu sudah sangat tua dan sejarah Saint Waudru menyebutkan keberadaan sebuah gereja pada abad ke-13. Di masa lalu, Boussu menaklukkan beragam gelar: Buxutum, Bussuth, Bussut, Bossut, Boussut. Namun, etimologinya sangat sederhana. Artinya "tempat yang berlimpah kayu boxwood" (dalam bahasa Latin buxus: artinya kayu kotak atau buxutum artinya kayu kotak kayu semak).

Penduduk terkenal[sunting | sunting sumber]

  • Marcel Moreau, penulis
  • Massimo Bruno, Pesepakbola dan pemain internasional muda Belgia

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Royal Boussu Dour Borinageadalah klub Belgia sepak bola yang berbasis di Boussu. Klub ini pindah ke Seraing pada 2014 dan mengambil nama Seraing United. Setahun kemudian, menjadi RFC Seraing, sebagai penghormatan kepada dua klub sebelumnya di kota tersebut. Klub saat ini bermain di Divisi 2.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Boussu adalah komune Berbahasa Prancis di Belgia yang terletak di Wilayah Walloon di provinsi Hainaut, sekitar sepuluh kilometer dari Mons dan sekitar lima belas dari perbatasan Prancis.

Entitas Boussu mencakup bekas komune Boussu (7300) dan Hornu (7301). Wilayah ini menyajikan lanskap yang bervariasi, mulai dari daerah perkotaan di pusat Boussu dan Hornu hingga kawasan pemukiman yang lebih damai di Petit-Hornu dan Boussu-Bois yang terletak di puncak komune. Komune ini juga merupakan bagian dari wilayah perkotaan Mons-Borinage dengan Quaregnon, Saint Ghislain, Colfontaine, Dour, Frameries dan Mons.

Bagian kotamadya[sunting | sunting sumber]

# Nama Luas permukaan
(km²)[2].
Penduduk
(2020)[2].
Jumlah penduduk
per km²
kode INS
1 Boussu 13.21 11.019 834 53014A
2 Hornu 6.76 8.823 1.304 53014B

Lingkungan kotamadya[sunting | sunting sumber]

Alun-alun Boussu[sunting | sunting sumber]

Place de Boussu berbatasan dengan rue Neuve, rue François Dorzée, rue Guérin dan terakhir rue du centenaire serta tempat parkirnya. Dikelilingi juga oleh banyak toko serta apotek, bekas panti asuhan, balai kota, CPAS dan keadilan perdamaian.

Pada tanggal 5 Februari 1825 dewan kota memutuskan untuk membangun keadilan perdamaian serta rumah kota. Terinspirasi oleh Renaisans Italia, rumah komunal dengan batu biru dan bata memiliki lantai dasar yang rendah, bersarang di dasar batu. Juga terdiri dari dua lantai, terdiri dari tujuh teluk yang dipisahkan oleh tiang-tiang batu di atasnya dengan ibu kota. Bagian tengah bangunan memiliki pintu ganda yang membuka ke tangga menuju lantai satu. Di atas pintu terdapat balkon batu besar yang menghiasi teluk utama lantai dua di atasnya terdapat tulisan “Maison Communale”. Semua bukaannya melengkung dan di atasnya diberi pita batu ganda. Town house ini dibangun pada 1875, sesuai rencana arsitek J. Hubert. Dibiayai oleh François Dorzée (1813-1897) hakim pertama Boussutois, yang sangat ambisius untuk komunenya, menghubungi 1874 seorang arsitek terkenal, Montois Joseph Hubert (1822-1910) dan mempercayakan kepadanya pembuatan rumah komunitas baru sesuai dengan demografi saat itu. Memang benar, Boussu mengalami peningkatan populasi yang meningkat tiga kali lipat dalam lima puluh tahun. Sebuah campanile dengan jam dan tulisan 1875 terletak di atas fasad.

Rumah kota Boussu

Justice of the Peace berfungsi sebagai rumah komunal hingga tahun 1875. Rumah ini dibiayai oleh penggantian biaya dari Negara Perancis serta sebagian dari jumlah yang dikumpulkan oleh penghuni tanah Boussu, selama penjualan pada [[Agustus 1813] ], milik komunal (terutama tanah berawa). Penulis proyek ini adalah Tuan Wachez, arsitek dan surveyor di Boussu, dan pengusaha Mathieu Malingreau, ahli bangunan Quaregnon. Konstruksi ini bergaya neo-klasik dengan bahan batu biru serta batu bata yang dilapisi dan diplester. Fasadnya di atasnya terdapat pedimen segitiga yang dihiasi timbangan serta tulisan “Keadilan Damai”, yang ditambahkan pada saat pemugaran bangunan. Namun, tanggal 1822 yang ada pada fasad salah ditambahkan pada restorasi yang sama. Atapnya dilapisi papan tulis dan memiliki empat jendela atap kecil. Sebuah galeri pusat memberikan akses ke ruang tertutup di mana gereja paroki Saint-Géry dan kapel pemakaman para bangsawan[3].

Keadilan perdamaian, Boussu

Kapel pemakaman para penguasa Boussu dibangun di depan gereja dan terletak di paduan suara. Dua jendela Gotik menerangi apse tiga sisi. Jendela ketiga buta. Batu tulis menutupi atap dan batu serta bata adalah bahan konstruksi utama kapel. Pintu Renaisans yang lurus dan dibentuk memiliki moto: “GY SERAY BOVSSV” yang merupakan moto Jean de Hénin-Liétard, Pangeran Boussu yang pertama.

Kios di alun-alun, Boussu

Di sebelah kanan pintu ini terdapat pintu serupa lainnya yang memberikan akses hanya dari luar, ke salah satu galeri samping kapel dan ke layar bagian atasnya. Di dalam gedung, Anda dapat menemukan salib dan enam tempat lilin altar dari tembaga perak, dari zaman Kekaisaran. Tanggal 1716 dapat dibaca pada batu di dinding selatan Gereja Saint-Géry, tanggal ini memperingati pelaksanaan perbaikan. Gereja ini bergaya Hennuyer Arsitektur Gotik, dibangun dengan denah salib Latin dan berorientasi ke timur. Gereja saat ini dibangun kemudian, tetapi tanggalnya masih belum diketahui.[4].

Pranala luar dan Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait Boussu di Wikimedia Commons
  1. ^ "Wettelijke Bevolking per gemeente op 1 januari 2018". Diakses tanggal 9 Maret 2019. 
  2. ^ a b https://statbel.fgov.be/fr/open-data/population-par-secteur-statistique-10
  3. ^ M. Capouillez (2000). Boussu 125e aniversaire de la maison communale (dalam bahasa français). 
  4. ^ https://books.google.fr/books?id=pUJEZBNS3qMC&pg=PA85&dq=chapelle+seigneuriale+%22Boussu%22