Bola Dyson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ilustrasi Bola Dyson, dengan sebuah bintang di dalamnya.

Bola Dyson (bahasa Inggris: Dyson sphere) adalah megastruktur yang dicetuskan oleh Freeman Dyson. "Bola" ini merupakan sistem satelit tenaga Matahari yang memerangkap sebuah bintang dan menangkap semua energinya. Dyson menyatakan bahwa struktur semacam itu mungkin saja terjadi, akibat dari meningkatnya kebutuhan energi suatu peradaban yang maju dan pengupayaan untuk menjaga keberlangsungan jangka panjang. Ia mengusulkan bahwa pencarian bukti keberadaan struktur semacam ini akan mengantarkan kita pada penemuan kehidupan ekstraterestrial yang cerdas.

Sejak itu, bola Dyson banyak dikutip dalam karya-karya fiksi ilmiah. Usulan bola ini lalu berkembang dan tidak hanya terbatas pada stasiun tenaga Matahari saja, tetapi juga tempat tinggal atau pusat industri.

Bentuk Bola Dyson[sunting | sunting sumber]

Bola Dyson bisa memiliki bentuk berupa roket-roket kecil yang berjumlah ribuan, yang mengelilingi matahari. Karena fungsi Bola Dyson adalah menangkap energi, maka roket-roket ini dilengkapi oleh panel surya, yang bernama "Dyson swarm". Alasan kenapa bentuk bola Dyson berupa roket adalah karena bila Bola Dyson beruma materi padat, maka bola Dyson ini akan menghalangi sinar matahari mencapai Bumi dan Mars (yang kala itu diperkirakan telah di-terraformasi), yang merupakan hal yang fatal.

Peluncuran roket-roket[sunting | sunting sumber]

Sebelum masuk ke cara peluncurannya, kita sebaiknya mencari tempat yang cocok untuk meluncurkan roket-roket ini. Tempat yang kemungkinan cocok adalah Merkurius, karena jaraknya yang dekat dengan matahari. Selain itu, Merkurius juga memiliki sumberdaya yang melimpah. Cara peluncurannya adalah dengan cara meluncurkan roket-roket yang telah dibuat dengan membuat lintasan hyper-loop, yang akhirnya meluncurkan roket-roket itu ke dekat matahari. Setelah sampai di matahari, panel surya dibuka, siap menyerap panas dari matahari, yang akhirnya dikirim ke Bumi dan Mars.

Kegunaan lain Bola Dyson[sunting | sunting sumber]

Selain menyerap energi dari Matahari, megastruktur ini juga bisa menjadi sumber tenaga untuk "mesin stellar". Mesin ini (yang juga termasuk megastruktur) Berguna untuk memindahkan seluruh tata surya jika tiba-tiba sebuah supernova meledak, lalu menyemburkan semburan sinar gamma yang mengarah ke bumi. Dengan ini, kita bisa menghindarinya dengan memindahkan tata surya kita sedikit lebih jauh. Jadi, tabrakan dapat terelakkan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]