Bokura no Ameiro Protocol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bokura no Ameiro Protocol
Visual utama Bokura no Ameiro Protocol
僕らの雨いろプロトコル
(Bokura no Ameiro Purotokoru)
GenreOlahraga (olahraga elektronik)
Pencipta
  • Team Kitsune
  • Kotsukotsu
Seri anime
SutradaraYasutaka Yamamoto (kepala)
Daishi Kato
Skenario
  • Katsuhiko Takayama
  • Yasutaka Yamamoto
Musik
StudioQuad
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
ANN (TV Asahi), MRT, BS Asahi
Tayang 8 Oktober 2023 24 Desember 2023
Episode12
 Portal anime dan manga

Bokura no Ameiro Protocol (Jepang: 僕らの雨いろプロトコル, Hepburn: Bokura no Ameiro Purotokoru), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Our Rainy Protocol, adalah seri televisi anime yang diproduksi oleh Team Kitsune. Seri ini diproduksi oleh Quad dan disutradarai oleh Daishi Kato, dengan Yasutaka Yamamoto berperan sebagai kepala sutradara dan penulis naskah berdasarkan draf cerita asli karya Kotsukotsu dan Katsuhiko Takayama. Kanna Hirayama berperan sebagai perancang karakter, sedangkan Satoru Kōsaki, Oliver Good dan Keita Inoue berperan sebagai penyusun musik. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 8 Oktober hingga tanggal 24 Desember 2023 pada blok pemrograman NUMAnimation di ANN (TV Asahi), MRT dan BS Asahi.[1][2] Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini di Asia Tenggara.[3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Shun Tokinoya adalah siswa SMA tahun kedua yang tinggal bersama ibu dan adik perempuannya. Setelah ayahnya tewas dalam kecelakaan dan adik perempuannya terluka, ia berhenti dari permainan yang disukainya dan sekarang bekerja di kafe olahraga elektronik bernama "Fox One". Ia menghabiskan seluruh waktunya untuk belajar dan bekerja paruh waktu, sekaligus bersosialisasi dengan teman-teman komunitasnya semasa kecil. Tiba-tiba, Shun mengetahui bahwa "Fox One" terlilit utang. Shun dan teman-temannya berharap bisa memenangkan "Kejuaraan Xaxerion" dan hadiah uang untuk melunasi utang mereka. Shun kembali ke dunia permainan daring di mana ia bertemu dengan Bakuretsu-kun.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Shun Tokinoya (時野谷瞬, Tokinoya Shun)
Pengisi suara: Kensho Ono[1]
Seorang siswa SMA tahun kedua. Ayahnya tewas dalam kecelakaan mobil tiga tahun sebelum kejadian di seri ini, yang juga melukai adik perempuannya, Mio. Ia saat ini bekerja paruh waktu di kafe permainan keluarga teman masa kecilnya, Nozomi. Ingin membantu kafe tersebut keluar dari utangnya, ia bergabung dengan tim permainan daring kafe tersebut.
Yū Saegusa (三枝悠宇, Saegusa Yū)
Pengisi suara: Sora Amamiya[1]
Seorang aktris berusia 16 tahun yang baru-baru ini menjadi terkenal. Ia sebelumnya bermain dengan Shun dan Nozomi, bermain dengan nama pengguna Bakuretsu-kun (ばくれつ君). Karena popularitasnya sebagai seorang aktris, ia memakai topeng saat bermain dengan tim permainan daring Fox One, yang membuat manajernya kecewa.
Nozomi Inazuki (稲月望, Inazuki Nozomi)
Pengisi suara: Inori Minase[1]
Teman masa kecil Shun yang setahun lebih tua darinya. Ayahnya menjalankan kafe daring bernama Fox One. Ia sangat peduli pada Shun dan bertindak seperti kakak perempuan baginya.
Mio Tokinoya (時野谷美桜, Tokinoya Mio)
Pengisi suara: Momo Asakura[1]
Adik perempuan Shun yang terluka dalam kecelakaan yang sama yang menewaskan ayah mereka. Karena ia lumpuh karena kecelakaan itu, ia membutuhkan bantuan Shun untuk bergerak. Ia kemudian ditawari kesempatan untuk berpartisipasi dalam program rehabilitasi tetapi tampaknya menentang kesempatan tersebut, hanya menyetujui tawaran tersebut jika tim Fox One mampu mengalahkan tim Sleeping Owl.
Akito Sendō (仙堂暁斗, Sendō Akito)
Pengisi suara: Ryōhei Kimura[1]
Sahabat masa kecil dan teman sekelas Shun yang mengagumi pemain permainan daring sebelumnya dan bercita-cita menjadi pemain profesional. Meskipun ia sering mendapat masalah karena kepribadiannya yang konyol, ia pada dasarnya adalah orang yang peduli terhadap teman-temannya dan memiliki rasa tanggung jawab dan kemanusiaan yang kuat. Ia memahami perasaan Shun tentang keinginan terdahulunya dan mengajak Shun bermain.​
Ryūsei Nagamine (長嶺 流星, Nagamine Ryūsei)
Pengisi suara: Tomokazu Sugita[4]
Seorang penggila gadget yang mengoleksi berbagai keyboard dan mouse. Ia menyukai taktik yang rumit dan memiliki keterampilan kerjasama yang baik. Ia berpartisipasi dalam uji coba yang diadakan oleh Shun dan anggota lainnya untuk menemukan anggota tim baru dan memamerkan keahliannya yang tak terbantahkan. Ia bergabung dengan Shun dan teman-temannya sebagai anggota tim Fox One.
Mutsuki Naitō (内嶋 睦生, Naitō Mutsuki)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka[4]
Ketua tim Sleeping Owl. Ia berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi lebih kuat dan menang dalam permainan daring dan menghilangkan segala sesuatu yang tidak diperlukan dalam permainan. Ia merasakan hal yang sama seperti dirinya pada diri Shun dan mendekati Shun untuk melihatnya sebagai saingan yang layak untuknya dan menempatkannya di panggung yang sama dengannya.
Seshiru Satō (佐藤 星詩流, Satō Seshiru)
Pengisi suara: Kaede Hondo[4]
Penggemar tim Fox One saat Jonathan menjadi anggota. Ia berpikir bahwa tim Fox One saat ini telah meninggalkan anggota favoritnya, Yurukki, dan iri pada Shun dan anggota lainnya.
Emiko Takanashi (小鳥遊 恵美子, Takanashi Emiko)
Pengisi suara: Azumi Waki[4]
Sahabat Seshiru. Ia berkepribadian lembut. Seshiru mengajaknya melihat Kejuaraan Xaxerion.

Produksi dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 8 Juli 2023, seri televisi anime orisinal ini diumumkan oleh TV Asahi.[5] Seri ini dibuat oleh Team Kitsune dan dianimasikan oleh Quad. Seri ini disutradarai oleh Daishi Kato, dengan Yasutaka Yamamoto berperan sebagai sutradara utama dan mengawasi naskah seri berdasarkan rancangan cerita asli oleh Kotsukotsu, bersama dengan Katsuhiko Takayama dan Kanna Hirayama yang mengadaptasi desain karakter asli karya booota untuk animasi serta Satoru Kōsaki, Oliver Good dan Keita Inoue menyusun musik. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 8 Oktober hingga 24 Desember 2023 pada blok program NUMAnimation milik TV Asahi, dan afiliasinya, MRT dan BS Asahi.[1][6] Lagu tema pembuka seri ini berjudul "S9aiR" yang dibawakan oleh SennaRin, sedangkan lagu tema penutup seri ini berjudul "Another Complex" yang dibawakan oleh Somei.[7] Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini di luar Asia.[8] Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini di Asia Tenggara.[9]

No.Judul [10][a]Tanggal tayang asli [12]
1"Cold Reboot"
Transkripsi: "Akirameta Mirai -Cold Reboot-" (あきらめた未来 -Cold Reboot-)
8 Oktober 2023 (2023-10-08)
Saat Shun Tokinoya menjadi siswa SMA, ia bekerja paruh waktu di kafe "Fox One", sebuah kafe permainan daring yang dikelola oleh ayah sahabat masa kecilnya, ayah Nozomi, untuk membantu memenuhi kebutuhan hidupnya. Suatu hari, semua anggota permainan daring tiba-tiba meninggalkan tim Fox One. Selain itu, diketahui bahwa kafe tersebut memiliki utang dalam jumlah besar. Shun telah mengundurkan diri dari permainan karena suatu insiden, namun ia membentuk tim dengan sahabat masa kecilnya untuk memenangkan hadiah uang di turnamen permainan daring dan melunasi utang kafe.
2"Foreordained Chance Encounter -Multiplexer-"
Transkripsi: "Erabareta Kaikō -Multiplexer-" (選ばれた邂逅 -Multiplexer-)
15 Oktober 2023 (2023-10-15)
Shun merasa bersalah terhadap adik perempuannya, Mio, yang lumpuh di kakinya, dan ibunya, yang menghidupi keluarga hanya dengan tangannya, tetapi ia melunasi utang kafe ayah Nozomi, Fox One. Oleh karena itu, ia kembali ke permainan daring. Shun, Akito Sendō dan Nozomi Inazuki dari tim Fox One berpartisipasi dalam Kejuaraan Xaxerion dan bersiap untuk memenangkan hadiah uang. Karena setiap tim membutuhkan lima pemain, Shun mencoba merekrut dua pemain tersisa, namun harapannya sia-sia dan tidak mendapatkan hasil apa pun. Sementara itu, seseorang yang misterius muncul di hadapan Shun dan teman-temannya.
3"Our Beginning -Astable Multivibrator-"
Transkripsi: "Bokura no Hajimari -Astable Multivibrator-" (僕らの始まり -Astable Multivibrator-)
22 Oktober 2023 (2023-10-22)
Shun, Akito, Nozomi dan Ryūsei Nagamine mengejar seseorang bernama Big Bang Infinity, tetapi mereka melihat Yū Saegusa, seorang aktris baru yang tinggal di kamar kotor di apartemen bobrok. Yū, yang tidak diperbolehkan menunjukkan wajahnya, bergabung dengan tim dengan syarat ia tetap anonim dan menyembunyikan identitas aslinya di balik topeng. Dengan demikian, lima pemain berkumpul menjadi tim Fox One. Saat persiapan berjalan cepat atas partisipasinya dalam Kejuaraan Xaxerion, Shun berbicara dengan teman daring masa lalunya, Bakuretsu-kun. Kemudian, pada hari turnamen, Shun bertemu dengan seorang pria.
4"A Promise That Connects -3way Handshaking-"
Transkripsi: "Tsunagaru Negai -3way Handshaking-" (繋がる願い -3way Handshaking-)
29 Oktober 2023 (2023-10-29)
Shun dan teman-temannya berpartisipasi dalam Kejuaraan Xaxerion dan tim pemenang Sleeping Owl berdiri di depan mereka. Anggota tim tersebut adalah Mutsuki Naitō, juga dikenal sebagai Rox, dan Jonathan, yang telah meninggalkan tim Fox One. Shun dan teman-temannya kesulitan menghadapi perbedaan poin pengalaman yang sangat besar. Pada menit terakhir, ia berkata pada para anggotanya, "Tidak apa-apa. Kita akan mati bersama." Dalam pertandingan pertama tim Fox One yang menegangkan, perasaan masing-masing anggota saling terkait dan pertarungan sengit yang tidak bisa mereka tanggung akhirnya dimulai.
5"Single-Minded Determination -Logic Gate-"
Transkripsi: "Mayowanai Ketsui -Logic Gate-" (迷わない決意 -Logic Gate-)
5 November 2023 (2023-11-05)
Suatu hari setelah pertarungan sengit, Shun menghabiskan pagi santai bersama Mio. Mio senang melihat penampilan heroik Shun kemarin dan Shun merasa bersalah karena hanya ia yang bermain permainan itu bersama keluarganya. Saat mereka berpelukan, perasaan hampa muncul di dada Mio sedikit demi sedikit. Tim Fox One harus memenangkan dua putaran tersisa untuk memenangkan kejuaraan. Sementara itu, tim Sleeping Owl sekali lagi menghalangi jalan Shun. Shun dan teman-temannya berusaha menuju kemenangan dengan momentum kemarin, tetapi Mutsuki Naitō mulai bertingkah mencurigakan.
6"Lingering Memory -One Time Programmable ROM-"
Transkripsi: "Kienai Kioku -One Time Programmable ROM-" (消えない記憶 -One Time Programmable ROM-)
12 November 2023 (2023-11-12)[b]
Meskipun Shun dan teman-temannya menderita kekalahan telak melawan tim Sleeping Owl, mereka menerima hadiah uang karena menjadi runner-up, sehingga tim Fox One dapat bertahan. Meskipun Akito dan teman-temannya bersumpah untuk memenangkan turnamen berikutnya, Shun memikirkan Mio dan ibunya dan mencoba untuk keluar dari permainan itu. Dalam obrolan daring, Shun mengungkapkan kekhawatirannya kepada Bakuretsu-kun. Bakuretsu-kun memberitahu Shun bahwa Shun menyelamatkannya dan menjadi pahlawannya. Sementara itu, tawaran rehabilitasi Mio datang.
7"Innocent Reminisces -Solidstate Memory-"
Transkripsi: "Mukuna Omoi -Solidstate Memory-" (無垢な想い -Solidstate Memory-)
19 November 2023 (2023-11-19)
Tim Fox One meningkatkan hasil dan popularitas mereka. Pemiliknya, ayah Nozomi, memanfaatkan kesempatan tersebut dan memutuskan untuk berpartisipasi dalam turnamen profesional Kejuaraan Xaxerion Bittechnica, sebuah panggung besar di mana 128 tim berpartisipasi dan tim tersebut memperkuat kesatuannya untuk memenuhi ekspektasi ayah Nozomi. Namun, dalam situasi di mana kekuatan dan kemenangan diperlukan, Shun mengingat kata-kata Mutsuki Naitō dan merasa tertekan. Shun, yang kelelahan secara fisik dan mental, tersentuh oleh kebaikan anggota tim dan ibunya. Dan selain Shun, ada juga seseorang yang perasaannya bimbang.
8"Turning Point -Flip Flop-"
Transkripsi: "Tāningu Pointo -Flip Flop-" (ターニングポイント -Flip Flop-)
26 November 2023 (2023-11-26)
Mio mengungkapkan perasaannya kepada Shun, yang telah melakukan yang terbaik di permainan daring. Tim Fox One kemudian berpartisipasi dalam turnamen profesional Kejuaraan Xaxerion Bittechnica, tetapi tidak dapat mencapai hasil yang baik. Di hadapan Shun dan teman-temannya, muncul mantan penggemar tim Fox One era Jonathan, Seshiru Satō. Shun dan teman-temannya menerima kritik pedas darinya dan mereka berusaha mencari jalan menuju kemenangan.
9"Crumbling New Life -Latch Up-"
Transkripsi: "Kuzureru Moe (Kizashi) -Latch Up-" (崩れるきざし -Latch Up-)
3 Desember 2023 (2023-12-03)
Dengan bantuan Seshiru Satō dan Emiko Takanashi, tim Fox One nyaris tidak berhasil mendapatkan hak untuk berpartisipasi dalam turnamen terakhir, Invitational. Satu per satu, mereka masuk ke tim profesional. Tim menyerahkan uang hadiah mereka kepada Shun, berharap uang itu akan digunakan untuk biaya rawat inap Mio. Shun berterima kasih atas kebaikannya, tetapi respon dari Mio tidak terduga. Mio dan Shun bertengkar karena saling mencintai, lalu Mutsuki Naitō muncul dan Shun mendengar kata-katanya lagi.
10"Unyielding Wish -XOR-"
Transkripsi: "Yuzurenai Nozomi -XOR-" (譲れない望み -XOR-)
10 Desember 2023 (2023-12-10)
"Kaki Mio tidak bisa sembuh." Shun mendengar diagnosis adiknya dari ibunya. Hal itu adalah hal yang sulit diterima, namun maksud Mutsuki Naitō dan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Mio mulai masuk akal. Kata-kata kejam Mutsuki Naitō atas insiden Mio karena "ulah Shun" membuat Shun tertekan. Sementara Yū, yang menaiki tangga sebagai aktris baru sembari bertarung bersama dengan Shun dan teman-temannya dalam permainan daring, dihadapkan pada pilihan sulit yang tidak dapat dibuatnya. Waktu turnamen permainan daring semakin dekat setiap saat, seiring dengan meningkatnya penderitaan setiap orang.
11"All Or Nothing -Schmitt Trigger-"
Transkripsi: "Oruo・Ana・Nasshingu -Schmitt Trigger-" (オール・オア・ナッシング -Schmitt Trigger-)
17 Desember 2023 (2023-12-17)[c]
Tim Sleeping Owl terus membuat kemajuan pesat, dengan cepat maju ke tahap seleksi dan berpartisipasi dalam turnamen profesional. Di sisi lain, Shun dan teman-temannya terpaksa berusaha dan mendapati diri mereka berada dalam situasi kritis di mana mereka tidak boleh kalah sekali pun. Shun, yang sedang berusaha melawan musuh bebuyutannya Sleeping Owl, bertemu Mio, yang dihindarinya untuk bertemu sejak kejadian beberapa hari yang lalu. Dan mereka bertukar janji penting antar saudara kandung. Yū juga tertekan dan terguncang oleh kata-kata manajernya. Demi tim dan Shun, Yū mengambil keputusan.
12"Promise -Protocol-"
Transkripsi: "Yakusoku -Protocol-" (約束 -Protocol-)
24 Desember 2023 (2023-12-24)
Laki-laki dan perempuan masing-masing memiliki sesuatu yang tidak bisa mereka tinggalkan: untuk berpartisipasi dalam turnamen profesional, untuk keluarga mereka, untuk teman-teman mereka, untuk teman-teman yang menyelamatkan mereka di masa lalu. Tim Fox One akan bersatu melawan tim Sleeping Owl yang kuat. Sementara keluarga Shun dan semua orang dari tim Fox One menonton, pertarungan dimulai. Shun dan teman-temannya terpaksa berusaha melawan strategi Mutsuki Naitō yang kejam dan tanpa ampun, namun keajaiban terjadi selama pertempuran sengit tersebut. Kisah seorang anak laki-laki, perempuan dan keluarga, yang diceritakan secara daring, berakhir di sini.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.[11]
  2. ^ Episode ini ditayangkan pada pukul 02:00 JST, 30 menit setelah waktu tayang aslinya di TV Asahi.
  3. ^ Episode ini ditayangkan pada pukul 01:45 JST, 15 menit setelah waktu tayang aslinya di TV Asahi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g Hodgkins, Crystalyn (8 Juli 2023). "Our Rainy Protocol Original e-Sports Anime Announced With October Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 8 Juli 2023. 
  2. ^ Komatsu, Mikikazu (8 Juli 2023). "Esports-Themed Original TV Anime Our Rainy Protocol Premieres in October 2023". Crunchyroll. Diakses tanggal 8 Juli 2023. 
  3. ^ "Muse Asia". www.facebook.com. Diakses tanggal 25 Agustus 2023. 
  4. ^ a b c d Chapman, Paul (12 September 2023). "Our Rainy Protocol TV Anime Reveals Key Visual and Cast". Crunchyroll. Diakses tanggal 12 September 2023. 
  5. ^ "Our Rainy Protocol Original e-Sports Anime Announced With October Premiere". Anime News Network. 8 Juli 2023. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  6. ^ Komatsu, Mikikazu (8 Juli 2023). "Esports-Themed Original TV Anime Our Rainy Protocol Premieres in October 2023". Crunchyroll. Diakses tanggal 8 Juli 2023. 
  7. ^ Cayanan, Joanna (14 September 2023). "Original e-Sports Anime Our Rainy Protocol Reveals October 7 Premiere, Theme Song Artists". Anime News Network. Diakses tanggal 14 September 2023. 
  8. ^ Mateo, Alex (20 September 2023). "Crunchyroll Announces Release Schedule for Fall 2023 Anime Season". Anime News Network. Diakses tanggal 20 September 2023. 
  9. ^ Pineda, Rafael Antonio (29 Agustus 2023). "Muse Asia Licenses 6 Anime for Fall Season". Anime News Network. Diakses tanggal 29 September 2023. 
  10. ^ "Episodes|『僕らの雨いろプロトコル』公式サイト". bokuame.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  11. ^ "Watch Protocol: Rain - Crunchyroll". Crunchyroll. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  12. ^ "『僕らの雨いろプロトコル』公式サイト". bokuame.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]