Boku-boku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boku-boku
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Hemiglyphidodon

Spesies:
Hemiglyphidodon plagiometopon

Bleeker, 1852[2]
Sinonim[3]
  • Glyphisodon plagiometopon Bleeker, 1852
  • Glyphisodon batjanensis Bleeker, 1855
  • Abudefduf melanopselion Fowler, 1918

Betok laguna ( Hemiglyphidodon plagiometopon ), juga dikenal sebagai boku-boku, adalah spesies ikan bersirip pari, damselfish dari keluarga Pomacentridae . Ini adalah spesies betok hias yang lebih besar yang ditemukan di Indo-Pasifik di mana ia terjadi di sekitar karang bercabang di area terumbu karang yang terlindung.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Boku-boku adalah spesies damselfish besar berwarna coklat, sering dewasa memiliki kepala berwarna coklat muda pucat dan warna ikan berangsur-angsur menjadi gelap ke arah ekor. Ada tanda merah muda di operkulum . Remaja berwarna biru tua hingga kecoklatan di kepala dan dekat tubuh dan berwarna kuning ke arah ekor dan di bagian bawah dengan bintik mata biru besar berwarna-warni di sirip punggung, dan pita dan bintik biru di dekat kepala di tubuhnya. [4] Mereka tumbuh dengan panjang maksimal 18 sentimeter (7,1 in) . [5] Terkadang satu-satunya tanda yang membedakan adalah mata kuning. [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eschmeyer, William N.; Fricke, Ron; van der Laan, Richard (ed.). "Hemiglyphidodon". Catalog of Fishes. California Academy of Sciences. Diakses tanggal 7 October 2018. 
  2. ^ Eschmeyer, William N.; Fricke, Ron; van der Laan, Richard (ed.). "Hemiglyphidodon plagiometopon". Catalog of Fishes. California Academy of Sciences. Diakses tanggal 7 October 2018. 
  3. ^ "Synonyms of Hemiglyphidodon plagiometopon (Bleeker, 1852)". FishBase. Diakses tanggal 7 October 2018. 
  4. ^ Dianne J. Bray. "Hemiglyphidodon plagiometopon". Fishes of Australia. Fishes of Australia. Diakses tanggal 7 Oct 2018. 
  5. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2006). "Hemiglyphidodon plagiometopon" di situs FishBase. Versi April 2006.
  6. ^ "Hemiglyphidodon plagiometopon". Reef Life Survey. Diakses tanggal 7 October 2018.