Boksus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boksus
Buxus

Common box, Buxus sempervirens
Tumbuhan
Jenis buahkapsul
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
OrdoBuxales
FamiliBuxaceae
GenusBuxus
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomiBuxus sempervirens
Species
About 70 species; see text

Buxus adalah genus dari sekitar tujuh puluh spesies dalam keluarga Buxaceae . Nama umumnya adalah boksus. Di Indonesia ia terkenal digunakan sebagai pohon bonsai [1] [2] [3]

Pohon boksus berasal dari Eropa barat dan selatan, Asia barat daya, selatan dan timur, Afrika, Madagaskar, Amerika Selatan paling utara, Amerika Tengah, Meksiko dan Karibia, dengan mayoritas spesies berada di daerah tropis atau subtropis; hanya spesies Eropa dan beberapa spesies Asia yang tahan terhadap embun beku . Pusat keanekaragaman terdapat di Kuba (sekitar 30 spesies), Cina (17 spesies) dan Madagaskar (9 spesies).

Mereka adalah semak malar hijau dan pohon kecil yang tumbuh lambat, tumbuh setinggi 2–12 m (jarang 15 m). Daunnya berseberangan, membulat hingga lanset, dan kasar; mereka berukuran kecil di sebagian besar spesies, biasanya 1,5–5 panjang cm dan 0,3–2,5 lebar cm, tetapi sampai 11 panjang cm dan 5 lebar cm pada B. macrocarpa . Bunganya kecil dan berwarna kuning kehijauan, berumah satu dengan kedua jenis kelamin ada pada tanaman. Buahnya berupa kapsul kecil 0,5–1,5 panjang cm (sampai 3 cm pada B. macrocarpa ), berisi beberapa biji kecil.

Genus ini terbagi menjadi tiga bagian yang berbeda secara genetis, masing-masing bagian berada di kawasan berbeda, dengan spesies Eurasia di satu bagian, spesies Afrika (kecuali Afrika barat laut) dan Madagaskar di bagian kedua, dan spesies Amerika di bagian ketiga. Bagian Afrika dan Amerika secara genetik lebih dekat satu sama lain dibandingkan dengan bagian Eurasia.[4]

Spesies terpilih[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Oxford English Dictionary". OED (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. Diakses tanggal 18 May 2020. box 1. A genus ( Buxus) of ... shrubs...; specially B. sempervirens. boxwood, n. 1. The wood of the box-tree; 2. The tree or shrub itself. 
  2. ^ The Random House dictionary of the English language. New York City: Random House. 1966. hlm. 249–250. ISBN 9780394471761. box 1. …of the genus Buxus, esp. B. sempervirensboxwood 1. the…wood of the box… 2. the…shrub itself. 
  3. ^ Webster's New International Dictionary, Second Edition. Springfield Massachusetts: G. & C. Merrium Company. 2 July 1934. hlm. 320–321. box 1. …of the genus Buxus, esp. B. sempervirensboxwood 1. the…wood of the box… 2. the…shrub itself. 
  4. ^ von Balthazar, M.; Endress, P. K.; Qiu, Y.-L. (2000). "Phylogenetic relationships in Buxaceae based on nuclear internal transcribed spacers and plastid ndhF sequences". International Journal of Plant Sciences. 161 (5): 785–792. doi:10.1086/314302.