Bobo (komik Belgia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bobo adalah serial komik Prancis-Belgia yang dibuat oleh Paul Deliège dan Maurice Rosy. Serial ini menampilkan seorang tahanan eponymous dari penjara Inzepocket ("di saku" dengan aksen Prancis). Dalam bahasa Belanda, nama serial tersebut adalah Jaap.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bobo pertama kali muncul dalam mini-récit (cerita mini) di majalah Spirou pada 11 Mei 1961.[1] Pada tahun-tahun awal, ditulis oleh Rosy, yang juga mengambil tanggung jawab artistik selama periode singkat di tahun 1970-an.[2] Akhirnya, karakter tersebut berkembang menjadi serialnya sendiri, sebagian besar terdiri dari cerita pendek, dan beberapa cerita panjang (yaitu 44 halaman). Lima belas album muncul hingga tahun 1990-an, ketika seri tersebut berakhir.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bobo dijatuhi hukuman dua puluh tahun penjara karena mencuri sepeda (itu adalah sepeda hakim yang menjatuhkan hukuman). Bobo selalu berusaha melarikan diri dengan berbagai cara, biasanya dengan menggali, dan dengan demikian berhasil mencapai pantai Acapulco. Karakter utama lainnya adalah manajer penjara yang menyukai pai dan kue; pengganggu penjara yang melakukannya untuk Bobo dan berbagai rencananya; sang Profesional, seorang tahanan tua pemarah yang bersikeras bahwa segala sesuatu dilakukan "berdasarkan buku", yang salinannya berasal dari sebelum gerakan reformasi penjara (atas desakannya, Profesional tinggal di penjara bawah tanah tua, mengenakan bola-dan- rantai, melakukan pekerjaan berat dan hanya makan roti basi dan air kotor); dan Stonie sang sipir, yang selalu membawa batu (sisa setelah membangun penjara), dan yang terus-menerus dia coba singkirkan, tetapi rekan-rekannya bersikeras untuk membawanya. Ada juga Julot-les-pinceaux (Julian Brush), kaki tangan Bobo di luar yang selalu muncul dengan berbagai skema untuk mengeluarkan bos kesayangannya.

Permainan komputer[sunting | sunting sumber]

Gim komputer enam tahap dibuat (dirilis pada 1988), dengan pemain mengarahkan Bobo melalui enam tugas: memberi makan sup kepada narapidana yang lapar di ruang makan sambil membunuh lalat; mengupas tumpukan kentang yang terus bertambah; membersihkan lantai lorong kantor lapas; membantu banyak temannya melarikan diri melalui trampolin; menjalankan satu set tiga saluran listrik yang dipasang tinggi; dan terakhir, menghentikan teman satu sel Anda mendengkur saat Anda mencoba untuk tidur.[1]

Tujuan permainan ini bukan untuk mencapai tujuan tertentu, tetapi untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin dalam waktu singkat yang diberikan di sebagian besar tugas. Gagal dalam tugas ini tidak bisa dihindari — seperti yang pertama, para narapidana menjadi lapar dengan sangat cepat seiring berjalannya waktu, dan akhirnya seseorang meletakkan panci sup di atas kepala Bobo; dan yang ketiga, semakin banyak penjaga, anjing, dan narapidana yang terus berlari melewati lorong, menodai lantai dengan sepatu kotor mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki

  1. ^ BDoubliées. "Spirou année 1961" (dalam bahasa French). 
  2. ^ Lambiek Comiclopedia. "Maurice Rosy".