Blower separator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Blower separator adalah pompa udara bertenaga listrik yang udaranya dihasilkan melalui kipas merupakan alat pemilah bahan pertanian yang prinsip kerjanya berdasarkan bobot bahan. Alat ini menggunakan tenaga angin yang berasal dari blower dengan kecepatan yang dapat di atur sesuai kebutuhan. Pada prinsipnya, mesin ini adalah mesin yang melakukan penampian namun termekanisasi.

Mekanisme kerja[sunting | sunting sumber]

Mekanisme kerja blower separator adalah dengan memilahkan bahan pertanian berdasarkan bobotnya menggunakan konsep kelajuan terminal dan sifat aerodinamika bahan pertanian. Bahan yang memiliki bobot yang lebih ringan dari kelajuan terminal akan naik sedangkan yang lebih berat dari kelajuan terminal akan turun.

Jika campuran bahan mengandung banyak kotoran ringan, maka kotoran yang memiliki bobot paling ringan akan terangkat dan tertampung pada penampung/pintu paling atas blower. Bahan yang diinginkan akan tetap berada pada bagian bawah. Contoh penggunaan ini ada pada mesin penggiling padi yang memisahkan sekam dari beras. Sekam memiliki bobot lebih rendah dari beras, sehingga beras akan jatuh, namun sekam akan terhembus keluar. Mesin lainnya adalah mesin pengupas kacang tanah.[1]

Jika tujuan pemilahan adalah untuk memilah bahan dari kotoran-kotoran berat, maka kecepatan blower haruslah di perbesar, sehingga benih terangkat ke atas dan kotoran tetap tertinggal di bawah pada alat tersebut. Contoh aplikasi ini adalah pada pemisah kapas dengan biji kapas pada pemetik kapas.

Mesin ini juga digunakan untuk melakukan sortasi berdasarkan berat dan kelajuan terminal dari bahan dan dibantu dengan ayakan. Misal pada sortas biji kopi dan kakao.[2]

Contoh penerapan[sunting | sunting sumber]

Pra-penanaman
  • Untuk memisahkan benih berkualitas baik dengan "benih hampa" yang lebih ringan[3]
Mesin pemanen
  • Pemetik teh, untuk memisahkan ranting tanaman teh dari daun teh karena pisau pemotong mampu memotong ranting teh yang kecil
  • Pemetik kapas, untuk memisahkan kapas dan bijinya
  • Pemanen kombinasi, untuk memisahkan biji-bijian dari batang dan daun tanaman
Mesin pengolahan hasil pertanian
Mesin sortasi

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pengembangan Disain Mesin Pengupas Kulit Kacang Tanah". Penelitian dan Pengembangan Mekanisasi Kementerian Pertanian. Diakses tanggal 4 Desember 2013. 
  2. ^ "Rekayasa Separator Pneumatik Untuk Perbaikan Mutu Kopi dan Kakao Untuk Ekspor (2001)". Penelitian dan Pengembangan Mekanisasi Kementerian Pertanian. Diakses tanggal 4 Desember 2013. 
  3. ^ "Paket Alat Mesin Pengolahan Benih Padi untuk Mendukung UPBS". Penelitian dan Pengembangan Mekanisasi Kementerian Pertanian. Diakses tanggal 4 Desember 2013.