Blanche dari Bourbon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Blanche dari Bourbon
Ratu Kastilia dan León
Periode1353–1361
WangsaWangsa Bourbon
AyahPierre I dari Bourbon
IbuIsabella
PasanganPedro dari Kastilia

Blanche dari Bourbon (1339–1361) merupakan seorang Permaisuri Kastilia. Ia adalah putri Pierre I dari Bourbon dan Isabella dari Valois (1313–1383).

Tanggal 3 Juni 1353, pada usia empat belas tahun, ia menikah di Valladolid, Spanyol dengan Raja Pedro dari Kastilia. Sebelumnya, ia telah menikah di Biara Preuilly pada tanggal 9 Juli 1352. Mereka menikah karena Pedro ingin bersekutu dengan Prancis.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Dipercaya bahwa Raja Pedro telah menikahi kekasih gelapnya, seorang wanita bangsawan Kastilia María de Padilla sebelum pernikahannya dengan Blanche, meskipun ia tidak membantahnya. Terdapat banyak problem keuangan yang telah dijanjikan sebagai mahar untuk Blanche.

Tiga hari setelah pernikahannya, Pedro meninggalkan Blanche untuk María de Padilla, dengan siapa ia kemudian memiliki empat orang anak, termasuk Isabella, dan Constanza.

Akhirnya Blanche dipenjarakan di kastil Arevalo. Sepupu Blanche, Jean II dari Prancis memohon kepada Paus Innosensius VI untuk mematuhi Pedro agar tetap menahan Blanche di penjara, akan tetapi Paus menolak hal tersebut.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Blanche meninggal di Medina-Sidonia pada usia 22 tahun. Konon ia tewas terbunuh oleh seorang pemanah yang diutus oleh raja. Kisah lainnya menyatakan bahwa ia diracuni.

Blanche dan Pedro tidak memiliki keturunan.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Gelar penyandang kekuasaan
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Maria dari Portugal
Permaisuri Kastilia
1353–1361
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Juana Manuel
Permaisuri León
1353–1361
Permaisuri Galisia
1353–1361
Permaisuri Toledo
1353–1361