Juana Manuel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Juana Manuel
Juana Manuel.png
Permaisuri Kastilia dan León
Periode 1369–1379
Lahir 1339
Wafat 27 Maret 1381 (berusia 41–42)
Salamanca
Pemakaman Katedral Toledo
Wangsa Wangsa Borgonha
Wangsa Trastámara
Ayah Juan Manuel
Ibu Blanca Núñez de Lara
Pasangan Enrique II dari Kastilia
Anak
Juan I dari Kastilia
Leonor, Ratu Navarra
Putri Juana
Agama Katolik Roma
Lambang Juana Manuel sbg Permasuri Kastilia.

Juana Manuel (1339 – 27 Maret 1381) adalah seorang Permaisuri Kastilia. Ia juga merupakan ahli waris Escalona, Villena, Peñafiel dan Lara juga Nyonya Biscay.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan putri Juan Manuel dari Kastilia (1282–1349) dan istri keduanya Blanca Núñez de Lara de La Cerda. Ibundanya Blanca (meninggal 1347) merupakan keturunan Maharaja Biscay dan Lara dan putra sulung Alfonso X (Fernando de la Cerda). Ia adalah keturunan terakhir Wangsa Borgonha.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Ayahandanya bermusuhan dengan Raja Alfonso XI selama lima tahun, mantan anak didiknya, dan raja ingin menetralisir atau menyerap kekuatan dari keluarga Peñafiel. Meskipun Juana bukan ahli waris (belum), dimasa mudanya ia harus menuruti keinginan kerajaan. Selir raja yang sangat berpengaruh, Leonor dari Guzmán, ingin mendapatkan beberapa prestise yang tinggi dan properti untuk anak sulungnya dan menyukai Juana muda. Pada tanggal 27 Juli 1350 saudara dan pelindungnya, Fernando Manuel dari Peñafiel, harus menikahi saudarinya Enrique (1333–79), putra sulung Alfonso XI dari Kastilia. Hal ini memberikan Enrique beberapa wilayah.

Juana lebih berhak atas takhta Kastilia dibandingkan suaminya karena ia merupakan keturunan langsung Fernando III dari Kastilia. Pada tahun 1369, Enrique menjadi Raja Enrique II dari Kastilia, setelah ia memecat (dan membunuh) saudara tirinya untuk merampas takhta.

Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Warisan[sunting | sunting sumber]

Makam Ratu Juana Manuel.

Pada tahun 1361 (setelah kematian keponakannya Blanca yang masih remaja,[2] putri saudara tirinya almarhum Fernando Manuel yang meninggal pada tahun 1350 tanpa keturunan lainnya) ia mendapat Villena, Escalona dan Peñafiel sebagai warisannya.[3] Karena Juana adalah cucu perempuan dari pihak ibundanya La Palomilla, dari sepupunya yang lain, Isabel de Lara yang tewas terbunuh pada tahun 1361 [4] dan putrinya Florentina yang masih muda[5] (meninggal setelah 1365), ia juga mendapat Lara dan Biscay sebagai warisannya. Pada tahun 1369, ia menjadi Ratu Kastilia dan León.

Pada tahun 1381 ia meninggal dan meninggalkan warisannya kepada putranya, Biscay akhirnya digabungkan dengan Kastilia, yang kahirnya menjadi Spanyol.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Juana Manoel de Castilla
  2. ^ Marek, Miroslav. "(Blanca's death)". Genealogy.EU.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)[rujukan terbitan sendiri][butuh sumber yang lebih baik]
  3. ^ Cawley, Charles, (inheritance of the 'greatest' castilian patrimony), Foundation for Medieval Genealogy, diakses tanggal August 2012  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan),[butuh sumber yang lebih baik]
  4. ^ Marek, Miroslav. "(Isabel's death)". Genealogy.EU.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)[rujukan terbitan sendiri][butuh sumber yang lebih baik]
  5. ^ Marek, Miroslav. "(Florentina's death)". Genealogy.EU.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)[rujukan terbitan sendiri][butuh sumber yang lebih baik]
Juana Manuel
Lahir: skt 1339 Wafat: 27 Maret 1381
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Blanche dari Bourbon
Permaisuri Kastilia dan León
1359–1369
Diteruskan oleh:
Leonor dari Aragon
Bangsawan Spanyol
Didahului oleh:
Blanca Manuel
Nyonya Villena,
Escalona dan Peñafiel

1361–1381
Digabungkan kedalam
Mahkota Kastilia
Didahului oleh:
Tello Alfonso
Maharaja Biscay dan Lara
1370–1379
Diteruskan oleh:
Juan II dari Kastilia