Binyolos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Binyolos adalah kue khas dari daerah Manado, Sulawesi Utara yang terbuat dari bola ubi yang digoreng. Binyolos sering dihidangkan di pagi hari atau sebagai teman minum kopi oleh masyarakat di Suawesi Utara. Kue Binyolos bisa ditemukan di pasar tradisional seperti di pasar di daerah Air Madidi [1] atau di pusat kuliner Tinutuan, Wakekek.[2]

Kue Binyolos memiliki cita rasa manis dikarenakan ubi yang menjadi bahan dasarnya dan sekilas mirip Jemblem. Namun yang membedakan adalah ubi yang digunakan, jika Jemblem mengunakan ubi kayu maka Binyolos menggunakan ubi jalar.

Cara membuat[sunting | sunting sumber]

Adonan ubi yang telah dihaluskan dicampur dengan tepung terigu dan mentega. Kemudian ditambahkan vanili, telur dan gula pasir. Setelahnya dibentuk menjadi bola dan ditambahkan isian berupa potongan gula merah agar menambah tekstur dan rasa manis.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mustinda, Lusiana (2016-04-26). "Binyolos dan Bobengka, Kue Manis Asli dari Manado". detikcom. Diakses tanggal 2022-07-01. 
  2. ^ "Binyolos, Kudapan Pagi Orang Minahasa". Indonesia Kaya. Diakses tanggal 2022-07-01. 
  3. ^ Irham, Muhammad (2020-10-25). "Bola-bola Gurih dan Manis itu Bernama Binyolos". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2022-07-01.