Bintang Betawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bintang Betawi yang kemudian berganti menjadi Bintang Batavia adalah surat kabar di Hindia Belanda yang pertama kali terbit pada 1893. Terbit setiap hari kecuali Minggu dan hari besar, Bintang Betawi merupakan surat kabar warta dan iklan. Kantornya berada di daerah Pintoe Besar. Surat kabar ini didirikan oleh H.A. Kieffer sebagai redaktur sekaligus administrator dan G.P.W. Francis sebagai mede redacteur. Francis sendiri sebelumnya pernah menjadi redaktur di mingguan Pengadilan di Bandung. Dia juga adalah penulis Cerita Nyai Dasima pada tahun 1896. Pada 1905 Kieffer mengundurkan diri dari Bintang Betawi. Oleh Francis nama Bintang Betawi diganti menjadi Bintang Batavia hingga surat kabar ini berhenti terbit pada 1909.

Selain menjadi media untuk mengiklankan film. Dalam pemberitaannya Bintang Betawi kerap mengkritisi kebijakan sosial Belanda di Hindia Belanda yang dianggap mengeruk kekayaan bumi Hindia. Bintang Betawi juga menyoroti warga indo beribu pribumi yang didiskriminasi oleh pemerintah Hindia Belanda. Pemberitaan peristiwa internasional mengenai serangan Jepang ke Rusland (Rusia) juga turut menjadi perhatian surat kabar ini.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Winda, D.A., 2007, Koran Putih Untuk Rakyat Hindia Belanda, dalam Seabad Pers Kebangsaan, Diedit oleh Rahzen, T., dkk, Jakarta: IBoekoe. Hal.20-22.