Lompat ke isi

Binah (Kabbalah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sefirot dalam Kabbalah
Sefirot dalam Kabbalah YahudiKeterBinahChokhmahDa'atGevurahChesedTiferetHodNetzachYesodMalkuth
Sefirot dalam Kabbalah Yahudi

Binah

Pemandangan laman deskripsi gambar untuk diagram tersebut Category:Sefirot

Binah (berarti " memahami/pemahaman "; Hebrew/Ibrani: בִּינָה </link> Bīnā ) merupakan sefira ke tiga dalam Tree of Life kabbalah. Binah duduk pada level dibawah Keter (dalam konfigurasi sefira), berseberangan dengan chochmah dan tepat di atas Gevurah. sefira ini biasanya diberi 4 jalan; dari Keter, Chochmah, ke Gevurah dan Tiferet.[1]

Binah diasosiasikan dengan warna hitam. [2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan buku Bahir:[3]

"The third (utterance): quarry of the Torah, treasury of wisdom, quarry of God's spirit, hewn out by the spirit of God. This teaches that God hewed out all the letters of the Torah, engraving them with the Spirit, casting His forms within it".

"yang ketiga (dikatakan): tambang Taurat, harta wisdom/kebijaksanaan, tambang spirit Tuhan, digali oleh spirit tuhan. Hal ini mengajarkan bahwa Tuhan menggali untuk mengeluarkan semua huruf dalam Taurat, mengukirnya dengan Spirit, meng-casting bentuk-Nya di dalamnya.

Binah merupakan 'pemahaman intuitif', atau 'kontemplasi'. Hal ini seperti 'palace of mirror' yang memantulkan point/titik murni cahaya Chokhmah, wisdom/kebijaksanaan, meningkatkan dan melipatgandakannya dengan cara yang sangat beragam, infinite.[3]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Israel Regardie (1999). A garden of Pomegranates (3rd ed.). Llewellyn Worldwide. hlm. 43–45,68,70,74–75. ISBN 978-1-56718-141-8. 
  2. ^ Scanlon, Shawn Martin (8 August 2012). The Color of Binah is Black. Everything you want to know about Magick. Llewellyn Worldwide. ISBN 9780738733746. 
  3. ^ a b Arthur Green. A guide to the Zohar