Billy the Kid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Billy the Kid
Billy the Kid corrected.jpg
Billy the Kid, ca. 1880
LahirHenry McCarty
17 September atau 23 November 1859 (dipersengketakan)
Manhattan, New York City
Meninggal14 Juli 1881 (usia 21 tahun)
Fort Sumner, New Mexico
Sebab meninggalLuka tembak
MakamOld Fort Sumner Cemetery
34°24′13″N 104°11′37″W / 34.40361°N 104.19361°W / 34.40361; -104.19361 (Billy the Kid's Gravesite)
Nama lainWilliam H. Bonney, Henry Antrim, Kid Antrim
Tinggi5 ft 7 in (1,70 m) di usia 17 tahun[1]
Berat135 pon (61 kg) di usia 17 tahun[1]
Orang tua
  • Ayah: Patrick McCarty
  • Ayah tiri: William Antrim
  • Ibu: Catherine Devine
KerabatJoseph McCarty (saudara)

Henry McCarty (1859 – 14 Juli 1881), yang juga dikenal sebagai William H. Bonney, dan lebih dikenal sebagai Billy the Kid, adalah seorang penembak asal Amerika yang ikut serta dalam Perang Lincoln County di New Mexico. Ia dikenal karena membunuh delapan orang, sebelum dia akhirnya ditembak dan dibunuh pada usia 21 tahun. Dia juga terlibat dalam Perang Lincoln County di New Mexico, di mana dia diduga melakukan tiga pembunuhan.

McCarty menjadi yatim piatu pada usia 14 tahun. Penangkapan pertamanya adalah karena mencuri makanan, pada usia 16 tahun, pada akhir tahun 1875. Sepuluh hari kemudian Henry McCarty hukum membantu seorang petugas jalanan lokal yang dikenal sebagai "Sombrero Jack" dalam mencuri pakaian dari binatu Cina. Henry menyembunyikan jarahan di rumah kosnya, tetapi ditangkap setelah pemiliknya menyerahkannya ke sheriff. Kejahatan itu hanya membawa hukuman ringan, tetapi bukannya menghadapi hukuman, pemuda kurus itu melarikan diri dari penjara dengan mengayunkan cerobong asap. McCarty kemudian meninggalkan kota dan memulai karier sebagai peternak keliling, penjudi dan anggota geng. Dia menjadi berguna dengan senapan Winchester dan revolver Colt, dan pada Agustus 1877 dia membunuh orang pertamanya selama perselisihan di sebuah bar Arizona. Pada tahun yang sama, dia mengadopsi alias "William H. Bonney" dan dikenal sebagai "Billy the Kid" atau hanya "The Kid".

McCarty juga membunuh seorang pandai besi selama pertengkaran pada Agustus 1877. McCarty pertama kali mendapatkan reputasinya sebagai penembak jitu pada tahun 1878, ketika dia berpartisipasi dalam perang perbatasan berdarah di Lincoln County, New Mexico. Konflik tersebut berpusat pada persaingan bisnis antara peternak kelahiran Inggris John Tunstall dan sepasang taipan Irlandia bernama James Dolan dan Lawrence Murphy. Pakaian Dolan dan Murphy — dikenal sebagai "The House" —telah lama memegang monopoli atas perdagangan barang kering dan ternak di Lincoln County. Ketika mereka mencoba mengintimidasi operasi baru Tunstall, orang Inggris itu meminta McCarty dan beberapa pria bersenjata lainnya untuk melindungi propertinya. Ketegangan akhirnya memuncak pada Februari 1878, ketika Tunstall dibunuh oleh pagar betis yang diorganisir oleh Sheriff William Brady, seorang pendukung The House.[2]

Setelah kematian Tunstall, McCarty dan beberapa mantan karyawan lainnya mengatur diri mereka sendiri menjadi sebuah kelompok main hakim sendiri yang disebut "The Regulators" dan bersumpah akan membalas dendam. Dalam apa yang kemudian dikenal sebagai "Perang Lincoln County," para Regulator membunuh Sheriff Brady dan menghabiskan beberapa bulan berikutnya untuk menembaknya dengan pasukan The House. Pada Juli 1878, perseteruan itu mencapai klimaksnya dengan baku tembak lima hari yang mematikan di kota Lincoln, setelah itu para Regulator dibubarkan dan kedua belah pihak menandatangani perjanjian damai yang tipis. McCarty meninggalkan perang dengan reputasi sebagai salah satu pria bersenjata paling terampil di Barat, tetapi dia tetap dicari karena pembunuhan Sheriff Brady. Dia akan menghabiskan sisa hidupnya dalam pelarian dari otoritas.

Kemasyhuran McCarty meningkat pada bulan Desember 1880 ketika Las Vegas Gazette di Las Vegas, New Mexico, dan The Sun di New York City memuat cerita tentang kejahatannya. Sheriff Pat Garrett menangkap McCarty akhir bulan itu. Pada bulan April 1881, McCarty diadili dan dihukum atas pembunuhan Brady, dan dijatuhi hukuman gantung pada Mei tahun itu. Dia melarikan diri dari penjara pada 28 April, menewaskan dua deputi sheriff dalam prosesnya dan menghindari penangkapan selama lebih dari dua bulan. Garrett menembak dan membunuh McCarty, berusia 21 tahun, di Fort Sumner pada 14 Juli 1881. Selama dekade berikutnya, legenda berkembang bahwa McCarty selamat, dan sejumlah pria mengaku sebagai dia. [7] Billy the Kid tetap menjadi salah satu tokoh paling terkenal dari zaman itu, yang kehidupan dan kemiripannya sering didramatisasi dalam budaya populer Barat.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Henry McCarty lahir dari orang tua keturunan Katolik Irlandia Catherine (née Devine) McCarty di New York City. Meskipun tahun kelahirannya telah dikonfirmasi sebagai tahun 1859, tanggal pasti kelahirannya telah diperdebatkan sebagai 17 September atau 23 November tahun itu. Sebuah surat dari seorang pejabat Gereja Saint Peter di Manhattan menyatakan bahwa surat itu memiliki catatan yang menunjukkan McCarty dibaptis di sana pada tanggal 28 September 1859.Catatan sensus menunjukkan adik laki-lakinya, Joseph McCarty , lahir pada tahun 1863.

Setelah kematian suaminya Patrick, Catherine McCarty dan putra-putranya pindah ke Indianapolis, Indiana, di mana dia bertemu dengan William Henry Harrison Antrim. Keluarga McCarty pindah bersama Antrim ke Wichita, Kansas, pada tahun 1870.Setelah pindah lagi beberapa tahun kemudian, Catherine menikah dengan Antrim pada tanggal 1 Maret 1873, di Gereja Presbiterian Utama di Santa Fe, Wilayah New Mexico; McCarty dan saudaranya Joseph menjadi saksi upacara tersebut.Tak lama kemudian, keluarganya pindah dari Santa Fe ke Silver City, New Mexico, dan Joseph McCarty mulai menggunakan nama Joseph Antrim.Catherine McCarty meninggal karena tuberkulosis pada 16 September 1874.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Utley 1989, hlm. 15.
  2. ^ Andrews, Evan. "9 Things You May Not Know About Billy the Kid". HISTORY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]