Bill Haley & His Comets

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bill Haley & His Comets
Nama lain Bill Haley and the Saddlemen, The Kingsmen, The Lifeguards, B.H. Sees Combo
Asal Chester, Pennsylvania
Genre rock and roll, musik country, rockabilly
Tahun aktif 1949–1952 sebagai Saddlemen; 1952–1981 sebagai Bill Haley & His Comets; 1981–sebagai The Comets, Bill Haley's Comets.
Label Atlantic, Keystone, Cowboy, Holiday, Essex, Decca, Warner Bros. Records, Orfeón, Dimsa, Newtown, Guest Star, Logo, APT, Gone, United Artists, Roulette, Sonet, Buddah, Antic
Artis terkait The Jodimars
Anggota Marshall Lytle
Joey Ambrose
Dick Richards
David Byrd
Jackson Haney
Franny Beecher ("The Comets")
Al Rappa
Lenny Longo (Bill Haley's Comets)
Mantan anggota Bill Haley
Johnny Grande
Billy Williamson
Rudy Pompilli
Al Rex
Ralph Jones
Nick Nastos
John "Bam-Bam" Lane dan lebih 100 mantan anggota lain.

Bill Haley & His Comets adalah grup musik rock and roll Amerika Serikat pimpinan Bill Haley. Didirikan tahun 1952, grup ini bertahan hingga Haley meninggal dunia pada tahun 1981. Nama band ini sering disebut Bill Haley and The Comets, Bill Haley's Comets, atau variasi lain yang mirip-mirip. Mereka adalah pemusik berkulit putih pertama yang memperkenalkan rock and roll ke publik berkulit putih di Amerika Serikat dan akhirnya ke seluruh dunia. Sejak akhir 1954 hingga akhir 1956, mereka sukses menempatkan 9 lagu di peringkat 20 teratas tangga lagu AS. Sebuah di antaranya menempati urutan nomor satu, dan tiga di antaranya sampai di peringkat 10 teratas.[1]

Bill Haley sebelumnya adalah pemusik irama country. Setelah merekam ulang lagu R&B "Rocket 88" dalam irama country bercampur western, Haley berubah haluan menjadi penyanyi rock and roll. Halley menjadi bintang di band yang dipimpinnya. Aksi panggung yang lincah, rambut melintir di dahi, dan jas kotak-kotak (tartan) menjadi ciri khas Halley.

Karier[sunting | sunting sumber]

Grup ini mulanya didirikan sebagai Bill Haley and the Saddlemen sekitar tahun 1949-1950. Lagu yang mereka mainkan sebagian besar berirama country dan western. Sejumlah rekaman Saddlemen tidak pernah dirilis hingga tahun 1970-an dan 1980-an. Di antara rekaman Saddlemen terdapat lagu balada seperti "Rose of My Heart" dan "Yodel Your Blues Away" yang berirama western swing. Anggota pendiri Saddlemen terdiri dari Haley, pianis dan pemain akordion Johnny Grande dan pemain steel guitar Billy Williamson. Al Thompson adalah pemain bass pertama yang dimiliki grup ini, digantikan oleh Al Rex dan Marshall Lytle. Ketika masih baru, mereka juga rekaman dengan memakai nama Johnny Clifton and His String Band, Reno Browne and Her Buckaroos (walaupun aktris Brownehanya dipinjam namanya saja).

Pada tahun 1951, Haley memulai karier rock and roll dengan membawakan ulang lagu "Rocket 88". Label rekaman yang mau mengontraknya adalah Holiday Records asal Philadelphia. Lagu "Rocket 88" ternyata laris hingga diikuti lagu "Rock the Joint" pada tahun berikutnya. Haley tidak lagi dikontrak Holiday Records, melainkan dikontrak label Essex Records yang lebih besar. Kedua lagu tersebut dirilis Haley dengan memakai nama Saddlemen. Mereka akhirnya sadar nama Saddlemen kurang menggambarkan musik yang mereka. Seorang rekan Haley mengusulkan nama The Comets karena bila digabung dengan nama Bill Haley menjadi mirip nama Komet Halley.[2]

Nama band The Comets mulai dipakai sejak musim gugur tahun 1952. Pada waktu itu formasi The Comets terdiri dari Haley, Grande, Williamson, dan Lytle. Sewaktu rekaman, Grande biasanya bermain piano. Sewaktu konser, ia memilih untuk memainkan akordion karena lebih mudah dibawa-bawa. Setelah disebut The Comets, Haley mulai memakai pemain drum. Charlie Higler adalah pemain drum pertama The Comets sebelum digantikan oleh Dick Boccelli (alias Dick Richards). Sewaktu band masih baru, Haley tidak memiliki pemain lead guitar. Ia memainkan sendiri lead guitar, memakai musisi studio sewaktu rekaman, atau meminta Williamson bermain steel guitar secara solo.

Rock Around the Clock[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1953, lagu ciptaan Haley, "Crazy Man, Crazy" menjadi terkenal di seluruh AS. Judul lagu tersebut berasal dari teriakan remaja yang menonton konsernya. "Crazy Man, Crazy" adalah lagu rock and roll pertama yang disiarkan di televisi secara nasional. Lagu yang sama juga dipakai dalam drama televisi yang dibintangi James Dean pada tahun 1953.

Pada tahun 1954, Haley memasang Joey Ambrose sebagai pemain saksofon tenor. Setelah makin sukses, mereka pindah dari Essex Records ke label yang lebih besar, Decca Records di New York City. Sesi rekaman pertama mereka, 12 April 1954 didukung oleh musisi Danny Cedrone pada gitar listrik dan Billy Gussak pada drum (sebagai pengganti Boccelli). Bill Haley and His Comets merekam lagu "Rock Around the Clock" yang nantinya menjadi lagu paling dikenal dari Bill Halley, sekaligus tonggak sejarah rock and roll. Angka penjualan "Rock Around the Clock" mulanya biasa-biasa saja, namun akhirnya melesat terjual sekitar 25 juta keping menurut Guinness Book of World Records.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Jim Dawson (2005). Rock Around the Clock: The Record That Started the Rock Revolution!. San Francisco: Backbeat Books.
  • John W. Haley and John von Hoelle (1990). Sound and Glory Wilmington, DE: Dyne-American.
  • John Swenson (1982). Bill Haley. London: W.H. Allen.
  • What Was The First Rock'N'Roll Record? ISBN 0-571-12939-0
  • Rock File no 4 - Panther Books Ltd., Great Britain, 1st Pub. 1976.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ All Music Guide to Country: The Definitive Guide to Country Music By Vladimir Bogdanov, Chris Woodstra, Stephen Thomas Erlewine. 2003. Backbeat Books. hlm. 315. ISBN:0879307609
  2. ^ Biografi Bill Halley: Sound and Glory oleh John Haley dan John von Hoelle, serta Bill Haley oleh John Swenson

Pranala luar[sunting | sunting sumber]