Bilangan Erdős

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Bilangan Erdős merupakan suatu satuan yang menunjukkan "jarak kolaborasi" seorang matematikawan terhadap Paul Erdős, diukur dari jarak penulisan publikasi ilmiah bersama. Semakin kecil bilangan Erdős seseorang, semakin dekat rekam jejak kolaborasi penelitiannya terhadap Paul Erdős. Namun demikian, pada perkembangannya fenomena ini juga diperumum dalam konteks yang lebih luas, tidak hanya dalam disiplin ilmu matematika saja namun juga pada disiplin ilmu apapun.

Konsep ini dinamai atas nama matematikawan terkemuka berkebangsaan Hungaria, Paul Erdős. Sepanjang sejarah perkembangan penelitian, Paul Erdős merupakan matematikawan yang menghasilkan publikasi ilmiah terbanyak, yakni sekitar 1525 publikasi. Selain itu, Paul Erdős dikenal sebagai salah satu matematikawan yang sangat berpengaruh pada abad keduapuluh dengan melakukan banyak sekali kolaborasi dengan ratusan matematikawan terkemuka di dunia. Alhasil, banyak para kolaborator Erdős yang kemudian menjadi orang-orang kunci dalam penelitian berbagai disiplin ilmu matematika.

Dalam perkembangannya, hal ini dianggap mampu menunjukkan fenomena jaringan dunia yang kecil. Ini berarti bahwa setiap orang di dunia ini dapat terhubung satu dengan yang lain hanya dalam 'jarak' yang sangat dekat. Dalam hal ini, jarak yang dimaksud merupakan jarak kolaborasi antar matematikawan. Ini terbukti melalui fakta bahwa ada banyak sekali matematikawan di dunia ini yang memiliki bilangan Erdős yang relatif rendah.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bilangan Erdős diberikan kepada setiap penulis publikasi ilmiah. Paul Erdős sendiri memiliki bilangan Erdős nol. Seseorang memiliki bilangan Erdős jika bilangan Erdős terkecil yang dimiliki semua kolaboratornya adalah . Ini berarti bahwa setiap kolaborator langsung dari Erdős memiliki bilangan Erdős 1 dan setiap kolaborator dari para kolaborator langsung ini (yang tidak pernah membuat publikasi bersama langsung dengan Erdős) memiliki bilangan Erdős 2. Sementara itu, setiap periset yang tidak pernah melakukan kolaborasi dengan seseorang lain yang memiliki bilangan Erdős berhingga, akan memiliki bilangan Erdős tak berhingga.

Orang Indonesia dengan Bilangan Erdős Rendah[sunting | sunting sumber]

Setidaknya, Indonesia mempunyai tiga orang matematikawan dengan bilangan Erdős 2, yaitu Prof. Edy Tri Baskoro (Guru Besar ITB dalam Matematika Kombinatorika), Dr. Hilda Assiyatun (Dosen senior ITB), dan Prof. Slamin (Guru Besar Sistem Informasi Universitas Jember). Sampai saat ini, ketiga matematikawan tersebut termasuk 10 besar matematikawan yang berafiliasi di Indonesia dengan jumlah publikasi ilmiah terbanyak[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://personal.fmipa.itb.ac.id/hgunawan/2014/05/30/26-matematikawan-indonesia-dengan-publikasi-terbanyak/ Diakses 16 September 2015

Pranala luar[sunting | sunting sumber]