Biedermeier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ruangan bergaya Biedermeier di Chrzanów, Polandia

Periode Biedermeier mengacu kepada periode dari tahun 1815 hingga 1848 di Eropa Tengah ketika kelas menengah bertambah jumlahnya dan menjadi penikmat seni yang baru. Periode ini dimulai pada masa Kongres Wina seusai peperangan era Napoleon dan diakhiri oleh Revolusi 1848. Walaupun istilah ini merupakan istilah sejarah, istilah ini sering kali digunakan untuk menyebut gaya seni, sastra, dan musik yang berkembang pada masa ini.

Terdapat dua pendorong utama dalam perkembangan periode ini. Yang pertama adalah urbanisasi dan industrialisasi yang menciptakan kelas menengah baru. Faktor kedua adalah stabilitas politik pada masa kepemimpinan Klemens Wenzel von Metternich di Kekaisaran Austria seusai perang.[1] Penulis, pelukis, dan musisi mulai menikmati perdamaian di wilayah mereka dan memusatkan perhatian pada kehidupan di rumah, yang memicu perkembangan bidang perancangan ruangan dan perabotan rumah tangga.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Christopher John Murray, Encyclopedia of the Romantic Era, 1760-1850, Volume 1 hlm. 89, Taylor & Francis, 2004.
  2. ^ "Biedermeier - Elegant, Simple Interior Design". Biedermeier.us. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-25. Diakses tanggal 2013-06-27.