Biara Teritorial Wettingen-Mehrerau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Wettingen-Mehrerau
Biara Teritorial Perawan Maria Terberkati Bintang Samudera dari Mehrerau di Wettingen-Mehrerau
Biara Wettingen-Mehrerau
Biara Wettingen-Mehrerau di Austria
Biara Wettingen-Mehrerau
Biara Wettingen-Mehrerau
LokasiBregenz
NegaraAustria
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeabasan Teritorial Wettingen-Mehrerau

Biara Wettingen-Mehrerau adalah sebuah biara teritorial Sistersien dan gereja katedral[1] Katolik yang terletak di Mehrerau di pinggiran Bregenz di Vorarlberg, Austria. Biara Wettingen-Mehrerau secara langsung berada di bawah Takhta Suci dan dengan demikian bukan merupakan bagian dari Keuskupan Agung Salzburg. Namun, kepala biara Wettingen-Mehrerau adalah anggota Konferensi Waligereja Austria. Nama resmi biara ini adalah Beatae Mariae Virginis de Maris Stella et de Augia Majore (bahasa Latin: Abbatia Territorialis Beatissimae Mariae Virginis Maris Stellae).[2][Verifikasi gagal]

Biara Mehrerau[sunting | sunting sumber]

Biara pertama di Mehrerau didirikan oleh Santo Columbanus yang, setelah dia diusir dari Luxeuil, menetap di sini sekitar tahun 611 dan membangun sebuah biara mengikuti model Luxeuil. Sebuah biara biarawati segera didirikan di dekatnya.

Hanya sedikit informasi yang bertahan mengenai sejarah kedua yayasan tersebut hingga tahun 1079, ketika biara tersebut direformasi oleh biarawan Gottfried, yang dikirim oleh kepala biara William dari Hirsau, dan Peraturan Santo Benediktus diperkenalkan. (Ada kemungkinan bahwa ketika reformasi dilaksanakan, komunitas biarawati ditindas).

Pada tahun 1097-98 biara ini dibangun kembali oleh Pangeran Ulrich dari Bregenz, "Vogt" (administrator dan pelindung sekuler) dan istrinya, Bertha dari Rheinfelden, dan dihuni kembali oleh para biarawan dari Biara Petershausen dekat Konstanz.

Selama abad ke-12 dan ke-13 biara ini memperoleh banyak properti; pada pertengahan abad ke-16 ia mempunyai hak patronase untuk enam puluh lima paroki.

Selama Reformasi biara ini merupakan pendukung kuat Katolik di Vorarlberg. Khususnya Ulrich Mötz, yang kemudian menjadi kepala biara, memberikan banyak pengaruh di Hutan Bregenz dengan khotbahnya menentang penyebaran inovasi keagamaan ketika ia menjadi rektor Lingenau (1515–33).

Selama Perang Tiga Puluh Tahun biara tersebut menderita akibat kehancuran yang ditimbulkan oleh Swedia, yang mengumpulkan tentara di sini dan meminta sumbangan paksa; mereka juga merampok hampir seluruh pendapatan biara. Meskipun demikian, mereka sering kali menawarkan perlindungan gratis bagi para religius yang diusir dari Jerman dan Swiss.

Namun pada abad ke-18, kondisinya telah pulih dan sekali lagi berkembang pesat. Pada tahun 1738 gereja ini dibangun kembali sepenuhnya, begitu pula bangunan biara pada tahun 1774–81.

Keberadaan Mehrerau terancam, seperti halnya yayasan keagamaan lainnya, oleh serangan terhadap biara-biara Kaisar Joseph II. Namun, Kepala Biara Benediktus dapat memperoleh pencabutan dekrit penindasan tersebut, meskipun sudah ditandatangani.

Namun, Perjanjian Pressburg (1805) memberikan Vorarlberg, dan juga biaranya, kepada Bavaria, yang di bawah "Reichsdeputationshauptschluss" telah mensekulerkan rumah keagamaannya sendiri pada tahun 1802–03. . Pihak berwenang Bavaria menginventarisasi biara tersebut pada bulan April 1806. Dalam upaya terakhirnya untuk menyelamatkan diri, biara tersebut menawarkan untuk menjadi sekolah pelatihan bagi guru laki-laki, tetapi Negara Bagian Bavaria menolak tawaran tersebut dan membubarkan biara tersebut mulai tanggal 1 September. 1806. Para biarawan diusir dan perpustakaan berharganya tersebar; sebagiannya terbakar di tempat. Hutan dan lahan pertanian milik biara diambil alih oleh Negara.

Pada bulan Februari 1807 gereja ditutup, dan bangunan lainnya dijual di lelang. Pada tahun 1808-09 gereja tersebut dirobohkan dan bahannya digunakan untuk membangun pelabuhan Lindau.

Pembasahan-Mehrerau[sunting | sunting sumber]

Ketika distrik tersebut kembali berada di bawah kekuasaan Austria, bangunan biara yang masih ada digunakan untuk berbagai keperluan hingga pada tahun 1853 dibeli, dengan izin Kaisar Franz Joseph I, dari pemilik terakhir, bersama dengan beberapa bidang tanah yang berhubungan dengannya, oleh kepala biara Sistersien Biara Wettingen di Swiss, sebuah biara yang telah dibubarkan secara paksa oleh Kanton Aargau di 1841, dan selama tiga belas tahun telah mencari rumah baru.

Pada tanggal 18 Oktober 1854 Biara Cistercian di Wettingen-Mehrerau dibuka secara resmi. Pada tahun yang sama sebuah sekolah biara dimulai. Bangunan biara diperluas, dan pada tahun 1859 sebuah gereja Romawi baru dibangun; catatan khusus adalah monumen Kardinal Hergenröther (meninggal tahun 1890), yang dimakamkan di sana.

Pada paruh kedua abad ke-19 Wettingen-Mehrerau mengambil peran penting dalam kebangkitan kembali Ordo Cistercian. Ia pertama-tama menjadi anggota Kongregasi Ordo Swiss, kemudian Kongregasi Austria. Pada tahun 1888, bersama dengan Biara Marienstatt, ia meninggalkan Kongregasi Austria dan bersama dengan biara-biara Swiss yang berada di bawahnya, membentuk Kongregasi Mehrerau, yang bertanggung jawab atas pemukiman baru di Sittich di Slovenia dan Mogila di Polandia.

Pada tahun 1919 Wettingen-Mehrerau membeli gereja ziarah di Birnau dan di dekatnya Schloss Maurach, yang hingga hari ini dijalankan sebagai biara. Di Mehrerau sendiri masyarakat menjalankan sanatorium dan "Collegium Bernardi", sebuah sekolah menengah dengan asrama.

Kepala biara mempunyai gelar Kepala Biara Wettingen dan Pemimpin Mehrerau. Dia juga mempunyai tanggung jawab atas biarawati Cistercian di Swiss.

Penguburan[sunting | sunting sumber]

Daftar kepala biara Wettingen-Mehrerau[sunting | sunting sumber]

  • Leopold Hochle (1854–1864)
  • Martin Reimann (1864–1878)
  • Maurus Kalkum (1878–1893)
  • Laurentius Wocher (1893–1895)
  • Augustin Stockli (1895–1902)
  • Eugen Notz (1902–1917)
  • Cassian Haid (1917–1949), Kepala Biara Jenderal pada tahun 1920–1927
  • Heinrich Suso Groner (1949–1968)
  • Kassian Lauterer (1968–2009)
  • Anselmus van der Linde (2009–2018)
  • Vinzenz Wohlwend (sejak 2018)

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral di Austria". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-09-08. 
  2. ^ Templat:Cite ensiklopedia

Pranala luar[sunting | sunting sumber]