Biara Maredsous

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika biara

Biara Maredsous (Prancis: Abbaye de Maredsous) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang dikelola oleh Benediktin di Maredsous, di kotamadya Anhée, Wallonia, Belgia. Biara ini merupakan anggota pendiri Jemaat Kabar Sukacita dari Konfederasi Benediktin.

Biara ini didirikan sebagai priori pada tanggal 15 November 1872 oleh Biara Beuron, dengan dukungan keuangan dari keluarga Desclée, yang menyumbangkan sejumlah tanah dan membayar rencana dan pembangunan gedung-gedung tersebut. dirancang oleh Jean-Baptiste Bethune.

Pada tahun 1878, prioritasnya dinaikkan menjadi status biara oleh Paus Leo XIII dan menjadi anggota Kongregasi Beuron. Biara ini kemudian berafiliasi dengan Kongregasi Kabar Sukacita dalam konfederasi Benediktin, mulai tahun 1920. Melalui surat kepausan Paus Pius XI tertanggal 12 Oktober 1926, gereja biara dianugerahi gelar basilika minor .

Meskipun berbagai keju merupakan produk susu milik biara, Bir Maredsous tidak lagi dibuat di sana, melainkan di tempat pembuatan bir Duvel Moortgat di Flanders, yang telah diberi wewenang untuk membuat dan memasoknya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Interior Basilika St. Benediktus

Biara Maredsous didirikan pada tanggal 15 November 1872 oleh Biara Beuron di Jerman,[1] pendiri banyak rumah keagamaan, atas dorongan Hildebrand de Hemptinne, seorang biarawan Belgia di Beuron dan kemudian menjadi kepala biara Maredsous.

Pendirian ini didukung secara finansial oleh keluarga Desclée, yang membiayai desain dan konstruksinya. Desclée bersaudara, pencetak publikasi liturgi, tertarik pada pemulihan seni Katolik. Seperti Hemptinne, Jules Desclée pernah bertugas di Papal Zouaves. Saudara-saudara memilih lokasi yang indah di tanah milik Henri Desclée di Provinsi Namur, untuk pendirian biara tempat didirikannya para biarawan Beuron.[2]

Bangunan-bangunan tersebut merupakan mahakarya arsitek Jean-Baptiste de Béthune (1831-1894), pemimpin gaya neo-gothic di Belgia. Rencana keseluruhan didasarkan pada biara Villers Sistersien di Villers-la-Ville di Walloon Brabant pada abad ke-13. Pembangunannya selesai pada tahun 1892. Di sepanjang gang terdapat kapel samping. Karena ini adalah gereja biara, orang tidak akan terkejut dengan pentingnya paduan suara di mana kios para biarawan diatur, dan di mana, beberapa kali sehari, mereka menyanyikan Kantor. Melalui surat tertanggal 12 Oktober 1926, Paus Pius XI mendirikannya sebagai Basilika.[3]

Namun lukisan dinding tersebut dibuat oleh sekolah seni dari rumah induk di Beuron, sangat bertentangan dengan keinginan Béthune dan Desclée, yang menganggap gaya Beuron sebagai "Asyur-Bavaria".[butuh rujukan]

Biara ini mengadakan pasar Natal tradisional tahunan, dengan arena skating dalam ruangan yang populer.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Maurus (Rudolf) Wolter", Portal Rheinische Geschichte
  2. ^ Vermeersch, Arthur. "Henri dan Jules Desclée." Ensiklopedia Katolik Vol.16 (Indeks). New York: The Encyclopedia Press, 1914. 7 Oktober 2022 Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.
  3. ^ "La Basilique Saint-Benoît', Abbaye de Maredsous