Biara Aiguebelle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Aiguebelle
Biara Trapis Bunda Maria dari Aiguebelle
Prancis: Abbaye Notre-Dame d'Aiguebelle
LokasiMontjoyer
Negara Prancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBiara
Status fungsionalAktif

Biara Aiguebelle yang bernama resmi Biara Trapis Bunda Maria dari Aiguebelle (Prancis: Abbaye Notre-Dame d'Aiguebelle) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang terletak di Montjoyer, Prancis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Benediktin[sunting | sunting sumber]

Biara pertama di sini ialah biara milik Ordo Benediktin, didirikan pada tahun 1045 oleh Hugues Adhemar, baron Grignan, dan dikunjungi oleh Paus Paskalis II pada tahun 1107, namun tak lama kemudian biara tersebut tidak digunakan lagi.[1]

Saudara-saudari[sunting | sunting sumber]

Biara ini didirikan kembali sebagai biara Sistersien oleh Gontard Loup, penguasa Rochefort-en-Valdaine, pada tahun 1137, dan menetap di Biara Morimond, yang merupakan biara rumah putri. Sang pendiri menganugerahkan tanah di dekatnya, dan pada abad ke-12 dan ke-13, para dermawan lain menambah tanah tersebut, sehingga menjamin kemakmurannya.

Pada tahun 1167, biara ini sudah cukup didirikan untuk mendirikan rumah anak perempuannya sendiri, Biara Fénier, diikuti oleh Biara Le Bouchet pada tahun 1169.

Pada akhir abad ke-13 biara ini sudah sangat mapan dan berpengaruh, namun secara bertahap kehilangan posisinya hingga abad ke-14. Sama halnya dengan banyak biara lain, biara ini menderita akibat dampak Wabah Hitam dan Perang Seratus Tahun, dan juga karena perubahan pandangan spiritualitas yang menyebabkan penurunan jumlah panggilan, terutama di kalangan saudara awam yang mengerjakan perkebunan, yang pada gilirannya menyebabkan perkebunan tersebut disewakan. Pada tahun 1515 pemerintahannya diserahkan ke tangan kepala biara yang terpuji, yang menyebabkan kemunduran yang lebih besar lagi. Pada saat Revolusi Perancis, pada tahun 1791, ketika biara dibubarkan, komunitas yang tersebar hanya terdiri dari tiga biarawan. Barang-barang biara dijual, tetapi bangunan-bangunan tersebut terlalu jauh dari jalur transportasi sehingga tidak sebanding dengan upaya pembongkaran materialnya, dan oleh karena itu dibiarkan berdiri.

Trapis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1815 biara ini didirikan kembali oleh Trapis yang dipimpin oleh Pierre-François de Paul Malmy (Père Étienne)[2] berasal dari La Valsainte, sebuah biara di Swiss di bawah kepemimpinan Augustin de Lestrange dan sedang dikejar oleh kekuatan revolusioner pada saat itu.[3][4] Yayasan baru ini berkembang, dan pada tahun 1850 memiliki 233 biarawan.[2]

Komunitas Trappist yang berkembang mampu mendirikan beberapa biara lain. Pada tahun 1843 komunitas Trappist didirikan di Staoueli di Aljazair,[5] kemudian menjadi Biara Our Lady of Atlas, yang kemudian memunculkan dua komunitas, Notre-Dame de Tibhirine,[6] di Tibhirine di Aljazair, dan Notre-Dame de l 'Atlas au Maroc, di Midelt di Maroko. Aiguebelle juga mendirikan komunitas di Koutaba di Kamerun.

Di Prancis, Aiguebelle mendirikan Notre-Dame-des-Neiges, di Ardèche, pada tahun 1850, diikuti oleh Biara Sainte-Marie- du-Désert di Bellegarde-Sainte-Marie (Haute-Garonne); Biara Acey di Vitreux (Jura); Biara Notre-Dame des Dombes di Le Plantay (Ain); dan Biara Bonnecombe di Comps-la-Grand-Ville (Aveyron).

Aiguebelle juga mengawasi para biarawati Notre-Dame de Bon-Secours di Blauvac di Vaucluse.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ensiklopedia Katolik (Valensi)
  2. ^ a b "situs web Abbey". Diarsipkan dari .abbaye-aiguebelle.cef.fr/01_presentation_histoire.php versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal 2010-03-07. 
  3. ^ "Abbaye Notre-Dame d'Aiguebelle - L'histoire de l' Abbaye d'Aiguebelle".  Parameter |archive-url= mengalami cacat: flag (bantuan)
  4. ^ "Aiguebelle". cistopedia.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-22. 
  5. ^ Sejarah Trappist di Staoueli Diarsipkan 2019-02-21 di Wayback Machine. (dalam bahasa Prancis)
  6. ^ di mana tujuh biarawan Trappist dibunuh pada tahun 1996: lihat Martir Atlas