Bhumi Varta Technology (BVT)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Bhumi Varta Technology (BVT) adalah perusahaan penyedia teknologi analisis data geospasial yang telah didirikan sejak tahun 2018.[1][2][3][4][5][6] BVT mengintegrasikan berbagai jenis data dan menggunakan metode pembelajaran mesin untuk melakukan analisis prediktif yang dapat membantu perusahaan mengambil keputusan bisnis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kondisi Indonesia yang memiliki begitu banyak gugusan pulau serta lokasi yang luas sangat berpotensial untuk menghasilkan banyak sekali data geospasial yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis dan pemerintahan. Beranjak dari hal inilah, Martyn Terpilowski yang merupakan mantan pemodal Tokyo dan Hong Kong melihat peluang bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnisnya menggunakan database spasial.[7]

Setelah berdiskusi dengan beberapa kontaknya di Indonesia, antara lain David Pandjaitan, putra Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, bersama-sama mereka kemudian menemukan pakar geospasial Benny Emor di LinkedIn dan ketiganya mendirikan Bhumi Varta Technology di Oktober 2018.

Semenjak didirikan di tahun 2018, BVT telah melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai pelaku bisnis dari berbagai latar belakang industri, termasuk e-commerce, F&B, dan FMCG. Perusahaan ini telah memperoleh track record yang solid dengan berbagai perusahaan swasta di Indonesia seperti Cinema XXI (PT Nusantara Sejahtera Jaya) and Jiwa Group serta menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah dan BUMN, seperti Badan Siber dan Sandi Negara, Jasa Raharja dan Badan Pertanahan Nasional.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tentang Perusahaan". Bhumi Varta Technology. Diakses tanggal 2023-02-25. 
  2. ^ "Bhumi Varta Technology Sediakan Teknologi Solusi Digital Pertanahan". suara.com. 2023-02-10. Diakses tanggal 2023-02-25. 
  3. ^ "Lewat Platform LOKASI dan Dheket, Bhumi Varta Technology Hadirkan Layanan Pemetaan dan Analisis Bisnis | DailySocial.id". dailysocial.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-25. 
  4. ^ TV, CNBC Indonesia. "Bvarta & Prospek Pengembangan Teknologi Geospasial di RI". CNBC Indonesia. Diakses tanggal 2023-02-25. 
  5. ^ Sponsored. "Bhumi Varta Technology-BPN Teken MoU Digitalisasi Informasi Geospasial". detiknews. Diakses tanggal 2023-02-25. 
  6. ^ "Sekolah Vokasi UGM Terus Jalin Kerja Sama dengan Industri". radioedukasi.kemdikbud.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-25. 
  7. ^ Kamalina, Annasa Rizki (2022-10-28). "Kemenparekraf Kolaborasi dengan Bhumi Varta Technology, Bisa Tahu Data Pergerakan Wisman!". Bisnis.com. Diakses tanggal 2024-02-23. 
  8. ^ "Bhumi Varta Technology dan Kementerian ATR/BPN Kerja Sama Informasi Penyelenggaraan Geospasial". investor.id. Diakses tanggal 2024-02-23.