Bessie Barriscale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bessie Barriscale
Barriscale, c. 1918
LahirElizabeth Barry Scale
(1884-06-09)9 Juni 1884
Hoboken, New Jersey, U.S.
MeninggalJune 30, 1965 (aged 81)
Kentfield, California, U.S.
PekerjaanActress
Tahun aktif1906–1934
Suami/istriHoward C. Hickman (m.1907–1949)
Anak1

Bessie Barriscale (nama lahir Elizabeth Barry Scale 9 Juni 1884 – 30 Juni 1965) adalah seorang aktris Amerika yang mendapatkan ketenaran di atas panggung pada era film bisu.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Barriscale lahir dengan nama Elizabeth Barry Scale di Hoboken, New Jersey dari pasangan imigran Irlandia dari County Cork. Sepupunya adalah aktris Edith dan Mabel Taliaferro. Pada dekade pertama abad ke-20, Barriscale bekerja di teater resmi di Broadway dan di jalan karena film belum populer untuk aktor panggung.[1] Dia memulai karier filmnya pada tahun 1913, dan bekerja secara intensif untuk New York Motion Picture Company dan Triangle Film Corporation (di antara studio lain) sampai dia mengumumkan pengunduran dirinya pada awal 1930-an. Pada tahun 1918, Barriscale dikontrak oleh J.L. Frothingham dari B.B. Features dan Roberson Cole Company untuk membuat 16 film. B.B. Features adalah perusahaan Arizona. Film-film itu akan selesai, diproduksi, dan dikirim pada 21 Januari 1921. Pada saat ini, manajer Miss Barriscale mengasuransikan hidupnya dengan setengah juta dolar terhadap segala kemungkinan. Total biaya fitur berjumlah lebih dari $1,000,000.

Barriscale berdama suaminya Howard Hickman, 1915

Barriscale sangat antusias tentang William Shakespeare dan ingin menampilkan salah satu dramanya ke layar. Aktris itu juga perenang yang luar biasa. Dalam The Woman Michael Married (1919), dia ditampilkan dalam film yang diadaptasi dari novel karya Annette Kellermann. Barriscale bahkan menyewa instruktur renang dan menyelam dan mengambil pelajaran di Venesia, California. Sebuah kolam setinggi 90 kaki dibangun di Studio Brunton tempat pengambilan gambar. Film ini disutradarai oleh Henry Kolker.

Barriscale pada 1916

Pada tahun 1919, dia bepergian dengan suaminya — aktor, sutradara, dan produser film - Howard C. Hickman dan putra kecil mereka dalam tur dunia. Mereka mengantisipasi pembuatan film selama perjalanan mereka dan bepergian dengan juru kamera.

Pada tahun 1921, Barriscale datang ke timur untuk bermain di The Skirt . Drama tersebut akan melakukan perjalanan ke Philadelphia dan Boston setelah pembukaan di Washington, D.C. Kemudian produksi muncul di New York City. Pada tahun-tahun sebelumnya, Barriscale berpartisipasi dalam drama untuk Belasco Theater di Los Angeles dan pernah muncul dalam produksi Belasco, terutama Bird of Paradise yang ditulis oleh Richard Walton Tully. Dia memerankan seorang putri bernama Luana. Selama tahun-tahun awal, Barriscale berada di vaudeville, dengan pertunjukan dua hari, tiga hari, dan bahkan empat hari yang tidak biasa.

Aktor Jackie Coogan dan orang tuanya membeli rumah Bessie Barriscale di Pellisier Square, Los Angeles pada bulan Februari 1922. Hunian itu bernilai $ 45.000.

Barriscale kembali ke panggung di Women Go On Forever. Dia telah menikah 21 tahun dan memiliki seorang putra berusia 20 tahun saat ini. Produksi dibuka di Hollywood Music Box pada Maret 1928. Dia memainkan "tipe ibu rumah tangga," dan mengaku telah berlatih untuk peran dalam gaun motif kotak yang dia ambil dari lemari pakaian rumahnya di Santa Monica, California. Kakinya sedikit lebih kecil dari sepatunya. Dia berkata bahwa dia telah bekerja di rumah selama beberapa tahun dan baru saja belajar memasak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]