Beslidhja Skaut Albania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Beslidhja Skaut Albania
Nama Beslidhja Skaut Albania
Didirikan 2004
Pembubaran
Negara Albania
Website http://bsalbania.org/

Beslidhja Skaut Albania, atau lengkapnya Organizata Skautiste Shqiptare Beslidhja Skaut Albania, organisasi kepanduan nasional di Albania. Dibentuk pada tahun 2004 dan menjadi anggota Organisasi Kepanduan Sedunia pada tahun 2005. Organisasi ini memiliki 1,730 anggota pada tahun 2011.[1]

Gerakan kepanduan di Albania sebelumnya dikenal sebagai Besa Skaut Albania, Organisasi Pramuka Terhormat Albania, sampai tahun 2005.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kepanduan di Albania dimulai dari tahun 1920 ketika pertama kali didirikan. Pada tahun 1922, Albania merupakan salah satu dari pendiri Organisasi Kepanduan Sedunia, aktif sampai tahun 1937 ketika Zog dari Albania melarang gerakan kepanduan di Albania. Setelah Perang Dunia II, Republik Rakyat Sosialis Albania had the Pionieret e Enverit, the Pioneers of Enver Hoxha, a local variant of the Pioneers. Pada tahun 1989 setelah komunisme runtuh, gerakan kepanduan dimulai kembali di Sarandë oleh Dolores and Mihal Dhima.

Pada tahun 1999, Organisasi Kepanduan Sedunia menerima Albania kembali sebagai anggota. Keanggotaan Besa Skaut Albania diberhentikan Komite Kepanduan Sedunia pada tahun 2005 dan keanggotaan diberikan kepada Organizata Skautiste Shqiptare Beslidhja Skaut Albania, cabang dari organisasi yang lama.

Ideals[sunting | sunting sumber]

Motto kepanduan organisasi ini adalah Ji Gati. Organisasi lain menggunakan Pergatitu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Triennal review: Census as at 1 December 2010" (PDF). World Organization of the Scout Movement. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-08-31. Diakses tanggal 2011-01-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]