Berujul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Single-handled bow ard: (1) yoke, (2) draft-pole, (3) draft-beam, (4) stilt, (5) share
Score marks (ard marks) from a rip ard on a boulder in a clearance cairn.

Berujul, bajak kecil, [1] atau bajak gores [2] adalah bajak ringan sederhana tanpa papan cetak berukuran kecil. Bentuknya simetris di kedua sisi garis alirannya dan dilengkapi dengan bagian simetris yang menelusuri alur dangkal tetapi tidak membalikkan tanah. Di Tiongkok, mesin ini mulai digantikan oleh mesin pembajak carruca yang berat pada abad ke-1, [3] dan di sebagian besar Eropa sejak abad ke-7.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, ia menyerupai cangkul, yang terdiri dari tiang penahan (baik gabungan atau satu bagian) yang dihubungkan dengan kepala (atau batang ) yang hampir vertikal, terbuat dari kayu, dan yang diseret ke dalam tanah oleh hewan penarik. Kepala berujul di salah satu ujungnya merupakan pegangan untuk kemudi dan di ujung lainnya merupakan mata bajak (pisau pemotong) yang mencungkil permukaan tanah.

Manfaat[sunting | sunting sumber]

Alih-alih memotong dan membalik tanah untuk menghasilkan alur-alur yang bergerigi, berujul memecah sebidang tanah yang sempit dan memotong alur yang dangkal (atau menugal ), membiarkan potongan-potongan di antaranya tidak terganggu. Berujul tidak cocok untuk membuka lahan baru, sehingga rumput dan semak belukar biasanya disingkirkan dengan cangkul atau cangkul . Pembajakan silang seringkali diperlukan untuk memecah tanah dengan lebih baik, dimana tanah digarap dua kali dengan sudut tegak lurus terhadap arah semula (memanjang dan melintang). Hal ini biasanya menghasilkan lahan berbentuk persegi atau berlian dan efektif dalam membersihkan gulma tahunan. Alur dangkal berujul ideal untuk sebagian besar tanaman serealia, dan jika benih disemai secara menyebar, ard dapat digunakan untuk menutupi benih dalam barisan. Faktanya, berujul mungkin diciptakan di Timur Dekat untuk menutupi benih, bukan untuk mengolah tanah. Hal ini menjelaskan mengapa di Mesopotamia benih digunakan bersama dengan berujul. Berujul paling berguna pada tanah ringan seperti lempung atau pasir, atau di ladang pegunungan yang tanahnya tipis, dan dapat digunakan dengan aman di daerah yang pembajakannya dalam akan menghasilkan tanah keras atau akan menyebabkan salinasi atau erosi .

Berujul dapat ditarik oleh lembu, kerbau, keledai, unta, atau hewan lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ American English: ard plow.
  2. ^ American English: scratch plow.
  3. ^ Francesca Bray (1984), Biology and Biological Technology - Agriculture in Joseph Needham, Science and Civilization in China, vol. 6, part 2. Cambridge: Cambridge UP, pg. 138.