Bertram Bracken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bertram Bracken
Who's Who in the Film World, 1914
Lahir10 Agustus 1879
San Antonio, Texas, Amerika Serikat
Meninggal1 November 1952(1952-11-01) (umur 73)
Los Angeles, California, Amerika Serikat
MakamWelwood Murray Cemetery, Palm Springs, California
PekerjaanFilm director, aktor, penulis skenario
Tahun aktif1910–1932

Bertram Bracken (10 Agustus 1879 – 1 November 1952) adalah seorang aktor film bisu, penulis skenario, dan sutradara Amerika yang mengerjakan setidaknya enam puluh lima film antara tahun 1910 dan 1932.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Bertram “Bert” Bracken lahir di San Antonio, Texas pada tanggal 10 Agustus 1879,[1] dan dibesarkan di Lampasas, Texas, di mana orang tuanya, Charles dan Betty Bracken, mengoperasikan toko kelontong.[2][3] Menurut biografi studionya, Bracken sebagai pemuda kuliah di Universitas Yale, bekerja di perbankan dan bertugas selama satu setengah tahun di Kavaleri AS ke-15.[4] Karier aktingnya dimulai pada akhir 1890-an di teater Haymarket Chicago dan berlanjut di jalan dengan perusahaan sahamnya sendiri menampilkan drama College Life yang dia tulis dan produksi. Bracken memasuki film pada tahun 1910 dengan Star Film Company dan sering bermain berat di bawah arahan Gaston Méliès. Bracken kemudian bekerja sebagai produser pengelola Méliès saat syuting di Australia, Asia, dan Pasifik Selatan.

Segera setelah kembali ke Amerika, Bracken menjadi sutradara film di Western Lubin Company dan kemudian direktur utama dan produser film mendatang di Balboa Amusement Producing Company. [5]

Bracken kemudian bekerja untuk Fox Film Corporation di mana dia menyutradarai bintang-bintang seperti Theda Bara dan Anita Stewart. Masalah dengan penglihatannya mengganggu karirnya di awal dua puluhan meskipun dia akhirnya kembali bekerja selama beberapa tahun lagi. Dalam film terakhirnya, The Face on the Barroom Floor, Bracken ikut menulis dan mengarahkan alur cerita film ini, film ini sendiri dirilis pada tahun 1932.[6][7] Istri Bracken, aktris Margaret Landis, memainkan peran utama dan pendukung dalam sejumlah filmnya sebelum mereka bercerai pada awal 1920-an.

Di kemudian hari Bracken menulis novel misteri dan skrip untuk acara radio.[8] Bertram Bracken meninggal di Los Angeles pada 1 November 1952.[9] dan dimakamkan di Pemakaman Welwood Murray di Palm Springs.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]